Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROYEK COASTAL ROAD: Tim seleksi investor dibentuk

BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan akan membentuk tim seleksi guna menentukan investor yang akan menggarap proyek coastal road seiring dengan telah selesainya laporan akhir detail engineering design (DED).Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

BALIKPAPAN--Pemerintah Kota Balikpapan akan membentuk tim seleksi guna menentukan investor yang akan menggarap proyek coastal road seiring dengan telah selesainya laporan akhir detail engineering design (DED).Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Balikpapan Suryanto mengatakan tim seleksi tersebut nantinya akan menggelar beauty contest bagi investor yang tertarik untuk membangun coastal road tersebut. “Ini karena Pemkot Balikpapan tidak mengeluarkan anggaran dalam pembangunan. Jadi, tim hanya memastikan bahwa investor yang masuk benar-benar layak untuk mengerjakan proyek tersebut,” ujarnya, Jumat (21/12).Rencananya, tim tersebut akan dibentuk sebelum akhir tahun ini. Namun, dia memerkirakan baru bisa terealisasi pada 2013 karena waktunya yang terlalu berdekatan. Setelah tim terbentuk, beauty contest akan segera dilakukan sehingga pembangunan jalan tersebut bisa terealisasi.Dia menyebutkan investor yang telah mengajukan minat untuk berinvestasi di lokasi tersebut juga bisa membentuk konsorsium guna memudahkan proses pekerjaan. Adapun investor yang pernah menyatakan kesanggupan untuk membanguncoastal road tersebut adalah PT Sagita Puspa Abadi, PT Dharma Putra Karsa, PT Sesi Putra Karsa, PT Roeslan Property, PT Daksa Kalimantan Putra, dan PT Pandega Citra Niaga. Adapula PT Helindo Bangun Raya Sejahtera, PT Sepinggan, PT Pelita Panutan, PT Wulandari Bangun Laksana, PT Segah Prima Mandiri, PT Budhi Wiguna Prima dan H. Syahril.Sebelumnya, Suryanto juga menyebutkan rencana pembentukan badan pengelola yang mengatur pembagian aset atas lahan yang terbentuk ketika proses reklamasi dilakukan. Pembentukan badan tersebut akan segera direalisasikan mengingat kebutuhan pembangunan coastal road semakin mendesak.Merujuk pada hasil DED, nantinya investor yang telah bersedia untuk berinvestasi di atas lahan tersebut harus mengikuti regulasi yang telah ada.“Tidak boleh secara sembarangan membangunnya misalnya hanya untuk pertokoan atau perumahan. Pokoknya harus merujuk pada regulasi yang ada,” tambahnya.Proyek coastal road ini telah digulirkan sejak 2006 dan baru meningkat progress-nya pada 2011 setelah terus didesak oleh kebutuhan. Pemkot Balikpapan kemudian membentuk Badan Percepatan Proyek Pembangunan Coastal Roda (BP3CR) pada Februari 2012.Selesainya laporan mengenai DED ini akan menjadi panduan dalam pekerjaan proyek yang diperkirakan menyerap dana sekitar Rp4,5 triliun. Adanya jalan ini, diharapkan bisa memutar wajah Balikpapan menghadap ke laut sehingga bisa mempercantik kota. Selain itu, coastal road  juga diharapkan bisa mengurangi beban Jl. Sudirman yang sudah mulai padat.Ketua Kadin Kota Balikpapan Rendi S. Ismail mengatakan pihaknya secara nyata mendukung program pembangunan coastal road  yang bertujuan untuk memacu pertumbuhan ekonomi kota. Melalui konsep water front city  yang diusung oleh coastal road diharapkan bisa merealisasikan tujuan tersebut. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper