Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRANS JOGJA: Wamenhub resmikan ATCS & e-ticketing

Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 20 Desember 2012  |  10:16 WIB
YOGYAKARTA- Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono akan meresmikan pengoperasian area traffic control system, sistem tracking bus, dan e-ticketing untuk bus Trans Jogja.
 
Peresmian dijadwalkan mulai pukul 11.00 WIB, yang akan dihadiri antara lain oleh Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika DI Yogyakarta Tjipto Haribowo, dan Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X, serta perwakilan dari Musium Rekor Indonesia (MURI) di kantor Dishub, Yogyakarta, Kamis, 20 Desember 2012.
 
Pada acara peresmian ini juga disertai penerimaan rekor dari Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk sistem e-ticketing atau tiket elektronik bus Trans Jogja.
 
Bambang mengatakan area traffic control system (ATCS) ini merupakan bagian dari skema besar intelligent transport system (ITS) yang sedang dikembangkan Pemda DIY melalui Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika. ATCS ini dikembangkan bersama-sama dengan sistem tracking bus dan e-ticketing bus Trans Jogja.
 
"Sistem ATCS yang merupakan transportasi cerdas yang sebenarnya sudah dilakukan di sejumlah kota seperti Solo dan Denpasar. Di Jogja baru diresmikan hari ini. Kedepannya, Medan tengah mempersiapkan diri," kata Bambang.
 
ATCS adalah suatu sistem pengendalian lalu lintas secara terkoordinasi di suatu kawasan/wilayah/area/daerah berbasis teknologi informasi, yang merupakan bagian dari travel dan traffic management system
 
Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika DIY Tjipto Haribowo mengatakan untuk memasang alat ATCS ini, pihaknya berinvestasi Rp4,5 miliar dari APBD. Untuk bus tracking dan e-ticketing Tjipto belum menghitung angka pastinya.
 
Saat ini, lanjut Tjipto, terdapat 54 bus Trans Jogja yang akan menggunakan sistem ATCS ini. Namun ntuk alat bus tracking, belum semua bus Trans Jogja yang dipasangi alat, masih bertahap.
 
Menurutnya, dengan ATCS ini dapat dilakukan pengendalian lalu lalu lintas sesuai dengan kondisi kemacetan. Sedangkan bus tracking, nantinya berguna untuk mengetahui sampai dimana bus Trans Jogja yang dapat dilihat calon penumpang di halte bus tersebut, serta dapat mengetahui berapa lama lagi perjalanan bus yang ditumpanginya tiba di tempat tujuan.
 
(faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top