NATAL & TAHUN BARU: PLN Bali Siap Antisipasi Gangguan

DENPASAR-PT PLN Distribusi Bali menyiapkan pasukan layanan teknik untuk mengantisipasi gangguan kelistrikan seputar kegiatan Natal dan Tahun Baru.
News Editor | 20 Desember 2012 23:34 WIB

DENPASAR-PT PLN Distribusi Bali menyiapkan pasukan layanan teknik untuk mengantisipasi gangguan kelistrikan seputar kegiatan Natal dan Tahun Baru.

General Manager PLN Distribusi Bali IBG Mardawa mengatakan memasuki musim hujan yang seiring dengan menjelang akhir tahun ini, PLN melakukan layanan ekstra dalam menangani gangguan listrik.

"Ini mengingat volume gangguan secara alami akan mengalami peningkatan drastis," katanya, Kamis (20/12/2012).

Data statistik gangguan listrik yang terjadi di Area Bali Selatan pada Oktober 2012 sedikitnya 38 kali gangguan penyulang. Jumlah ini, mengalami kenaikan hingga 63% menjadi 68 kali pada November 2012.

Kata dia secara keseluruhan dari jumlah tersebut terjadi penurunan dibandingkan bulan yang sama pada 2011.

Untuk itu, PLN Area Bali Selatan berupaya keras untuk menurunkan jumlah gangguan dengan melakukan berbagai hal diantaranya penyiapan mutu SDM dan peralatan dalam melaksanakan pekerjaan.

Implementasi dari program tersebut, kata Mardawa, bisa dilihat dari upacara gelar pasukan Pelayanan Teknik untuk menelisik kesiapan pasukan pelayanan Teknis dalam menghadapi perubahan cuaca yang terjadi khususnya pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

Mardawa menegaskan kepada seluruh personel pelayanan teknik dari Rayon Tabanan, Rayon Mengwi, Rayon Kuta dan Rayon Denpasar agar tetap disiplin memenuhi komitmen pelayanan, meskipun kondisi natal dan tahun baru itu merupakan hari libur.

Ia meminta agar pola pikir tentang kesiapan pelayanan tidak hanya terjadi pada hari-hari besar saja, tetapi menjadi rutinitas yang harus dilakukan dengan tanggung jawab, karena itu semua peralatan kerja seharusnya selalu bisa dikontrol dan disiapkan.

“Kesiagaan ini tidak boleh dianggap basa-basi dalam melayani masyarakat, justru harus dijadikan kebutuhan yang diniatkan oleh semua petugas pelayanan teknik,” katanya.

Untuk kondisi saat ini di Bali, Mardawa menyebutkan posisi ketersediaan daya untuk Bali saat ini 690 MW, sedangkan beban puncak pernah mencapai 664 MW. Dengan kondisi ini PLN Bali berada pada posisi yang siap dalam melayani kelistrikan di akhir tahun.

Upacara Gelar Pasukan Pelayanan Teknik diikuti sekitar 150 petugas yang akan disebar melayani masyarakat. (ems)

Pantau terus perkembangan Real Count KPU Pilpres 2019, di sini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : I Komang Robby Patria

Editor : Muhammad Khamdi

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top
Tutup