KADIN: Terserah Pemerintah, Mau Tidak Industri Tumbuh 7,13%?

JAKARTA: Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengharapkan pemerintah mampu menjaga iklim usaha semakin kondusif agar mampu mewujudkan pertumbuhan industri 7,13% pada 2013.Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo B. Sulisto optimistis pemerintah dapat mencapai
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Desember 2012  |  20:34 WIB

JAKARTA: Kamar Dagang dan Industri Indonesia mengharapkan pemerintah mampu menjaga iklim usaha semakin kondusif agar mampu mewujudkan pertumbuhan industri 7,13% pada 2013.Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo B. Sulisto optimistis pemerintah dapat mencapai angka pertumbuhan tersebut. Namun, semua bergantung dari kebijakan yang akan dikeluarkan untuk mendukung tumbuhnya iklim usaha.“Saya kira itu mungkin, tetapi semua bergantung bagaimana pemerintah menjaga iklim usaha itu sekondusif, seramah, dan semudah mungkin. Ini merupakan tantangan terberat pemerintah,” katanya, Selasa (18/12/2012).Suryo menyarankan pemerintah dapat mengeluarkan kebijakan yang mampu menciptakan situasi kondusif pada dunia usaha.Pemerintah, lanjutnya, harus dapat menerbitkan insentif fiskal, kebijakan moneter, peraturan daerah yang memudahkan masyarakat untuk membuka atau menjalankan usaha.

Selain itu, pemerintah harus mampu menghapus hambatan dari birokrasi, masalah perijinan yang berbelit, ketidakpastian hukum, serta aturan tentang ketenagakerjaan. “Kesemuanya itu harus saling terkait,” tegasnya. (bas)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Rio Sandy Pradana

Editor : Aang Ananda Suherman

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top