Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA KARET: 3 negera produsen bentuk pasar regional

JAKARTA: Indonesia bersama Thailand dan Malaysia sepakat membentuk pasar regional karet guna mengatasi gejolak harga dan memperkuat posisi negara produsen karet alam. 
Siti Harianti Manurung
Siti Harianti Manurung - Bisnis.com 14 Desember 2012  |  00:40 WIB

JAKARTA: Indonesia bersama Thailand dan Malaysia sepakat membentuk pasar regional karet guna mengatasi gejolak harga dan memperkuat posisi negara produsen karet alam. 

 
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berharap pasar karet regional dapat meramaikan bursa pasar berjangka dan pasar fisik yang sudah ada, membentuk harga riil pasar karet sekaligus menjalankan fungsi lindung nilai. 
 
"ITRC (International Tripartite Rubber Council) sepakat melakukan studi komprehensif dan langkah-langkah harmonisasi berbagai kebijakan dalam rangka mewujudkan pasar ini," katanya dalam siaran pers, Kamis (13/12/2012). 
 
Kesepakatan itu, lanjutnya, dicapai dalam pertemuan Dewan Menteri ITRC di Phuket, Thailand, pada Rabu (12/12), yang dihadiri Deputy Minister Agriculture and Cooperative of The Kingdom of Thailand Yuttapong Charasathien dan Minister of Plantation Industries and Commodity of Malaysia Tan Sri Bernard Giluk Dompok. 
 
Dirjen Kerjasama Perdagangan Internasional Kemendag Iman Pambagyo menambahkan Indonesia menekankan perlunya membangun pasar fisik dan berjangka karet yang kuat di masing-masing negara ITRC terlebih dahulu, baru kemudian berkembang ke pasar karet Asean.  (ra)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top