Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTAMINA AKUISISI COASTAL ENERGY: Bisa menguntungkan perseroan

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) berharap rencana akuisisi saham Coastal Energy Co, perusahaan migas asal Kanada yang beroperasi di Malaysia dan Thailand, bisa menguntungkan bagi perseroan. Namun sayangnya, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen

JAKARTA: PT Pertamina (Persero) berharap rencana akuisisi saham Coastal Energy Co, perusahaan migas asal Kanada yang beroperasi di Malaysia dan Thailand, bisa menguntungkan bagi perseroan. Namun sayangnya, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko Pertamina Afdal Bahaudin enggan merinci berapa persen saham yang akan dibeli perseroan. Afdal juga enggan mengomentari apakah informasi yang beredar saat ini, bisa saja membatalkan rencana itu. “Wah itu [batal] kita ngga tahu. Intinya semua kita exercise dan semuanya kita mau kalau itu menguntungkan dan bisa menaikkan produksi minyak kita. Kalau harganya bagus, reserve bagus, keekonomiannya bagus. Tapi kalau memang yang ini sudah jadi, deal, pasti saya kasih tahu [detailnya],” ujarnya hari ini, Rabu (7/11). Afdal menjelaskan karena Coastal Energy Co adalah perusahaan terbuka, maka Pertamina harus mengikuti protokol market. Coastal harus menanyakan dulu ke pemegang saham yang lain, apakah mereka mau menjual sahamnya atau tidak. “Protokol market-nya di stock exchange itu harus tender-offer, tanya sama pemegang saham lain itu, mereka mau jual sahamnya atau ngga? Pertamina ikut tender ke majority shareholders,” ujarnya.Sayangnya, Afdal juga enggan mengomentari siapa saja bidder lain atau perusahaan migas lain yang juga mengincar Coastal Energy Co. Yang jelas dia berharap, penyelesaian akuisisi ini bisa selesai secepatnya. Sebelumnya, Pertamina berharap mendapat tambahan produksi sebanyak 32.000 barel per hari (bph) dari hasil akuisisi sekitar 5 blok migas, baik di dalam mau pun luar negeri, hingga akhir tahun ini. Namun Afdal enggan membenarkan bahwa rencana akuisisi ini termasuk untuk itu. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper