Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURABAYA--Tingkat optimisme konsumen masyarakat (indeks tendensi konsumen/ITK) Jawa Timur pada kuartal III/2012 tercatat 111,85, meningkat dibandingkan dengan posisi kuartal II/2012 yang hanya 108,71.
 
Kepala BPS Jawa Timur Irlan Indracahyo mengatakan peningkatan optimisme masyarakat tersebut didorong oleh faktor musiman yaitu liburan sekolah, tahun ajaran baru, peringatan Ramadhan, dan perayaan Idul Fitri yang jatuh pada kuartal III/2012.
 
"ITK Jawa Timur ini lebih baik dibandingkan dengan ITK Nasional yang hanya 111,12. Artinya, tingkat optimisme konsumen Jawa Timur lebih baik dibandingkan nasional," katanya kepada pers, Senin (5/11).
 
Jika dibandingkan dengan provinsi lain di seluruh Indonesia, terangnya, ITK Jatim menempati posisi ketiga setelah DKI Jakarta (114,72) dan DI Yogyakarta (112,90). "ITK terendah adalah di Banten yang hanya 110,15. Secara umum perkiraan ITK di Jawa cukup dinamis dengan pencapaian di atas 110 yang menunjukkan masih kuatnya daya beli masyarakat di Jawa," ujarnya.
 
Namun demikian, sambungnya, ITK Jawa Timur pada kuartal IV diperkirakan akan lebih rendah dibandingkan dengan kuartal III/2012 yaitu 108,62. Irlan menerangkan hal tersebut terjadi karena geliat ekonomi pada periode 3 bulan terakhir tahun ini tidak akan sebesar yang terjadi pada kuartal III.
 
"Masa musiman Natal dan Tahun Baru memiliki pengaruh yang tidak sebesar masa musiman Ramadhan dan Idul Fitri," ujarnya.
 
Meski bakal mengalami tren penurunan, sambungnya, daya beli masyarakat pada kuartal IV/2012 masih tergolong bagus karena tingkat ITK-nya berada di atas 100. "Ini kan hanya soal persepsi masyarakat yang didasarkan kemampuan beli, inflasi, dan faktor ekonomi lainnya," tambahnya.
 
(faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper