Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

INVESTASI ASING: Pemerintah dorong masuk agribisnis

BANGKOK : Pemerintah mendorong aliran penanaman modal asing masuk ke sektor pertanian di Indonesia melalui kemitraan antara petani dan perusahaan multinasional.Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan menuturkan kesejahteraan petani tetap menjadi pertimbangan
M. Sofi’I
M. Sofi’I - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  16:34 WIB

BANGKOK : Pemerintah mendorong aliran penanaman modal asing masuk ke sektor pertanian di Indonesia melalui kemitraan antara petani dan perusahaan multinasional.Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan menuturkan kesejahteraan petani tetap menjadi pertimbangan utama kerja sama tersebut.   Kerja sama itu dikemas dalam payung Partnership for Indonesia Sustainable Agriculture (PISAgro)."Kami tetap berhati-hati dalam hal kemitraan dengan perusahaan multinasional. Jangan sampai petani sekadar menjadi objek.  Namun, memang sudah waktunya kerja sama dengan perusahaan itu ditingkatkan," katanya sela-sela WEF 2012 di Bangkok, Kamis 30 Mei 2012.Dia mengklaim telah menerima empat utusan dari perusahaan asing seperti asuransi, penyedia pestisida yang ramah lingkungan, dan penyedia bibit unggul.

 

Peningkatan produktivitas pertanian, ujarnya, bisa memanfaatkan riset dari perusahaan multinasional itu.Dia memberi contoh sebagian pohon sawit di Indonesia kini memasuki masa puncak, sehingga harus diremajakan. 

 

Jika tetap dipertahankan, ujar Rusman, pohon sawit tidak dapat mempertahankan produktivitasnya,"Masa puncak pohon sawit berbeda-beda tergantung kualitas bibitnya.  Namun, rata-rata hanya 20-25 tahun, setelah masa itu sebaiknya diremajakan.  Nah, pertanyaannya dengan bibit apa peremajaannya?" ujar Rusman. (ra)

 

BERITA LAINNYA:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top