Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PU luncurkan teknologi PENGELOLAAN AIR bersih

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum meluncurkan aplikasi enam teknologi pengelolaan air bersih, air limbah dan sampah yang ramah lingkungan pada tahun ini.Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian PU Anita Firmanti mengatakan teknologi
Andhina Wulandari
Andhina Wulandari - Bisnis.com 31 Mei 2012  |  18:11 WIB

JAKARTA: Kementerian Pekerjaan Umum meluncurkan aplikasi enam teknologi pengelolaan air bersih, air limbah dan sampah yang ramah lingkungan pada tahun ini.Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman Kementerian PU Anita Firmanti mengatakan teknologi tersebut diharapkan dapat mempercepat peningkatan akses sanitasi dan mengatasi kelangkaan air khususnya bagi masyarakat perkotaan."Dengan banyaknya aktivitas perumahan dan industri, kualitas air baku jadi menurun. Kami menciptakan teknologi ramah lingkungan untuk pengelolahan  air bersih, air limbah, dan sampah," tuturnya, Kamis 31 Mei 2012. 

Keenam teknologi tersebut ialah Instalasi Pengolahan Air Limbah grey water Biorotasi yang terdiri dari sistem biofilter dan taman sanita dengan resirkulasi.

 

Biorotasi dapat mengolah air limbah rumah tangga untuk digunakan kembali menjadi air bersih dengan kapasitas pengolahan 1m3/hari. 

Kedua, instalasi Bioutour yang dapat mendaur ulang air limbah menjadi air bersih. Teknologi ini bisa digunakan di rumah susun atau untuk menyaring air yang akan dibuang ke sungai sehingga dapat mengurangi pencemaran.  "Dengan menggabungkan teknologi ultrafiltrasi dengan proses biologi yang ramah lingkungan, kita bisa memanfaatkan air baku yang kurang baik menjadi air bersih yang layak digunakan. Biotour di desain untuk debit 20m3/hari [50 kepala keluarga]," tuturnya.  (ra)

 

 

BERITA LAINNYA:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Basilius Triharyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top