Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PERTUMBUHAN UKM: Kadin Jateng dirikan UKM Center

 
News Editor
News Editor - Bisnis.com 24 Mei 2012  |  20:14 WIB

 

 

SEMARANG: Kadin Jateng akan terus mendorong pertumbuhan usaha mikro dan menengah kecil dengan mendirikan UKM Center di setiap kabupaten/kota di provinsi ini.

 

Ketua Umum Kadin Jateng, Kukrit Suryo Wicaksono mengatakan sejumlah UKM Center yang akan dibangun di 35 kabupaten/kota di provinsi ini, bakal terintegrasi dengan Trade, Training and Information Center (TTIC) Kadin Jateng.

 

“Dengan terintegrasi itu, maka semakin memudahkan dalam penyampaian informasi peluang-peluang yang dapat digarap para pelaku UMKM, serta pelatihan-pelatihan yang bisa didapatkan dalam rangka peningkatan kualitas daya saing itu,” ujarnya, di sela  kegiatan ‘Finance dan UMKM Expo 2012’ hari ini, Kamis 24 Mei 2012.

 

Menurutnya, kafin tahun ini menargetkan sepuluh UKM Center yang sudah terbentuk di sejumlah daerah seperti di Cilacap, Jepara, Tegal, Banjarnegara dan Solo.

 

Kadin Jateng juga tengah merintis pendirian TTIC representatif di tiga negara, yakni Houston (Amerika Serikat), Huang Jo (China) dan Brisbane (Australia).

 

“Dengan adanya TTIC di sejumlah negara itu, penyebaran informasi peluang bisnis maupun pelatihan peningkatan kualitas produk di sejumlah negara tersebut bisa lebih terpantau dengan cepat, sehingga semakin memudahkan pelaku usaha mikro kecil di Jateng untuk turut mengaksesnya,” tuturnya.

 

Sementara, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Jateng, Sriyadi menyampaikan, selain pemerintah, peran Kadin dan juga dunia perbankan sangat penting untuk peningkatan produktifitas maupun kualitas produk dari pelaku usaha mikro kecil dan menengah di setiap daerah agar semakin berkembang.

 

“Pemerintah, salah satu upayanya adalah dengan mengalokasikan dana pendampingan, serta perbankan juga di dorong untuk aktif menyalurkan pinjaman seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) kepada UMKM yang visible namun belum bankable,” ujarnya.(msb)

 

UPDATE ARTICLE:

 

SITE MAP:

DATA BISNIS

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Puput Ady Sukarno

Editor : Novita Sari Simamora

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top