Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

INVESTASI ASING asal Uni Eropa bakal meningkat

SURABAYA: Apindo optimistis dalam 5 tahun mendatang investasi Uni Eropa di Indonesia bakal mencapai 10% dari total penanaman modal  mereka di Asia.Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengatakan saat ini investasi Uni Eropa

SURABAYA: Apindo optimistis dalam 5 tahun mendatang investasi Uni Eropa di Indonesia bakal mencapai 10% dari total penanaman modal  mereka di Asia.Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi mengatakan saat ini investasi Uni Eropa di Indonesia masih sangat kecil. Dari nilai investasinya ke Asia, Indonesia hanya kecipratan 1,6%."Kami targetkan, dalam lima tahun ke depan, investasi Eropa di Indonesia sudah mencapai 10% dari total investasinya di Asia," katanya di sela-sela  sosialisasi Perjanjian Kemitran Ekonomi Komprehensif (CEPA), Rabu 23 Mei 2012.Saat ini nilai investasi Eropa di Asia mencapai US$600 miliar. Sebagian besar ditanamkan di China Industri dari Eropa yang diharapkan bisa masuk ke Indonesia diantaranya otomotif, permesinan,  teknologi tinggi, kimia, farmasi dan industri manufaktur.Khusus untuk otomotif lanjutnya, sudah ada yang mulai masuk, terutama pabrikan besar seperti Renault dan VW. "Kalau otomotif tentu serapan tenaga kerjanya besar dan itu memang  yang kami harapkan."Untuk berinvestasi ke Indonesia, pengusaha Eropa meminta persamaan perlakuan seperti pengenaan Bea Masuk. Selama ini  impor spare part mobil Eropa dikenai Bea Masuk 15%. Padahal barang dari negara Asia lainnya seperti Jepang dan Korea tidak dikenai bea masuk. Dengan kondisi Eropa sekarang, Sofjan tetap optimis Eropa masih menjanjikan untuk ditarik investasinya. Meskipun pertumbuhan ekonomi negara-negara Eropa rata-rata minimal 3% tapi kondisi industrinya masih sangat bagus. (ra)

 

 

SITE MAP:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper