Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Interkonektivitas TRANSPORTASI ASEAN libatkan China, Jepang ,& Korea

BANDUNG: Interkonektivitas transportasi kawasan Asean akan melibatkan China, Jepang, dan Korea sebagai mitra wicara pada berbagai rencana proyek dan kegiatan.Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan mengatakan dalam mendukung konektivitas Asean, negara mitra

BANDUNG: Interkonektivitas transportasi kawasan Asean akan melibatkan China, Jepang, dan Korea sebagai mitra wicara pada berbagai rencana proyek dan kegiatan.Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan mengatakan dalam mendukung konektivitas Asean, negara mitra wicara telah menunjukkan perhatian besar dalam mengimplementasikan proyek di bawah rencana induk.

"Proyek yang menjadi prioritas diantaranya Asean Highway Network, Singapore Rail Link dan Master Plan of Feasibility study pada penempatan Asean roll on-roll off Networking dan Short Sea Shipping," katanya dalam forum The 33rd Asean Senior Transport Officials [STOM] di Bandung, Selasa 22 Mei 2012.

Menhub menambahkan, Indonesia dan Filipina yang merupakan koordinator proyek Feasibility study pada penempatan ASEAN roll on-roll off Networking dan Short Sea Shipping telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengimplementasikan proyek tersebut dengan dukungan dari Japan International Cooperation Agency [JICA]."Sekarang Indonesia dan Filipina jadi koordinator dalam rangka connectivity ASEAN untuk RORO roll on roll off, itu kapal yang bisa buka belakang dan depan, jadi sandar ujungnya saja cukup, low cost tidak perlu pakai crane, dia langsung bawa truk angkut dan sebagainya, sehingga murah," kata Mangindaan.Dengan connectivity Asean, dia meyakini semua pihak akan setuju dengan ongkos logistik yang lebih murah dimana barang yang dibawa harganya nanti tidak akan tinggi."Itu salah satu yang kita siapkan dalam connectivity RORO, begitu sampai di darat, kereta api harus siap, tentunya degan standar internasional," katanya.  (ra)

 

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Wisnu Wage Pamungkas

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper