Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KESELAMATAN PENERBANGAN: Seminar Runway Asia Pasifik digelar

DENPASAR: Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono membuka Seminar Regional Runway Safety Asia Pasific (APAC) di Denpasar, Bali, pagi ini yang diikuti 33 negara.
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 21 Mei 2012  |  10:55 WIB

DENPASAR: Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono membuka Seminar Regional Runway Safety Asia Pasific (APAC) di Denpasar, Bali, pagi ini yang diikuti 33 negara.

Seminar APAC ini diselenggarakan pada 21-24 Mei 2012 yang dihadiri 322 peserta, dari 33 negara, enam asosiasi internasional yakni ICAO, FSF, AITA, IFALPA dan ASECNA. Dari 33 negara terdiri dari otoritas, operator, Air traffic Control (ATC), pengelola bandara.

"Seminar ini diharapkan mampu meningkatkan keselamatan penerbangan khususnya dari sisi runway (landas pacu)," ucap Wamenhub saat membuka Seminar APAC, Senin pagi, 21 Mei 2012.

Wamenhub menambahkan Indonesia menjadi yang pertama menyelenggarakan seminar APAC. "Yang disasar kondisi penerbangan kita yang lebih baik dengan keselamatan yang utama. Setelah di larang terbang oleh Uni Eropa, kita langsung dapat direct asistensi dari ICAO (International Civil Aviation Organization)."

Menurutnya, ada empat kemajuan yang akan dicapai pasca seminar ini yakni pertama membenahi infrastruktur bandara, peralatan, navigasi, fisik infrastruktur. Kedua, prasarana yakni pesawat yang mengacu pada ketentuan ICAO. Ketiga, SDM seperti pilot, ATC, ground handling, dan kempat sistem.

Dari 322 peserta itu diantaranya pejabat dari Kementerian Perhubungan yakni Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S. Gumay, Deputy Director Safety Management and Monitoring International Civil Aviation Organization (ICAO) Mohamed Elamiri, Technikal Director Association of Asia Pacific Airlines (AAPA) Martin Eran Tasker, IFALPA EVP for Asia Pacific Capt. Korn Mansumitchai, dan sejumlah praktisi penerbangan domestik dan luar negeri sepertiManager Flight Safety. Singapore Airlines Capt. Paul Wallace.

"Diskusi ini multidisiplin untuk keselamatan runway karena 59% kecelakaan penerbangan di dunia terkait runway," ucap Herry Bakti.

Dia menambahkan ICAO akan mempromosikan safety team yang memonitor dan asistensi bandara-bandara di Tanah Air dengan pendekatan multidisiplin.Deputy Director Safety Management and monitoring ICAO Mohamed Elamiri mengatakan seminar ini membahas runway safety karena ini yang paling utama untuk mencegah kecelakaan. "Kita akan promosi runway safety team di seluruh bandara Indonesia," ucapnya.(mmh)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top