Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

MOBIL BEKAS: Transaksi online melonjak tajam

JAKARTA: Transaksi mobil bekas melalui sejumlah media komersial online pada Mei 2011—April 2012 diklaim tumbuh pesat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 18 Mei 2012  |  17:05 WIB

JAKARTA: Transaksi mobil bekas melalui sejumlah media komersial online pada Mei 2011—April 2012 diklaim tumbuh pesat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

 
Survay regular oleh tokobagus.com menunjukkan transaksi mobil melalui media online dalam 11 bulan terakhir tumbuh hingga 80% dari rerata 556 transaksi menjadi hampir 1.000 transaksi per hari. Dari total transaksi itu, sekitar 90% merupakan penawaran untuk mobil bekas dengan harga berkisar Rp30 juta—Rp50 juta per unit.
 
Ichwan Sitorus, Public Relation Manager tokobagus.com, mengatakan peningkatan transaksi mobil bekas di dunia maya disebabkan kian populernya akses internet pribadi yang mendorong konsumen individu melakukan berbagai hal di dunia maya termasuk dalam bertransaksi online.
 
“Dampaknya, transaksi mobil baik baru maupun bekas di dunia maya kian populer. Transaksi di tokobagus.com bahkan meningkat sekitar 80% dalam 11 bulan terakhir,” ujarnya hari ini.
 
Berbagai jenis mobil bekas yang mendominasi transaksi di dunia maya, ungkapnya, terdiri dari city car, sedan, pikap, MPV (kendaraan tujuh penumpang) hingga mobil sport (SUV).
 
Menurut dia, situs e-commerce mobil bekas kian populer karena tampilan pada menu semakin mempermudah pengakses menemukan dan membandingkan mobil-mobil tertentu dengan cara lebih cepat.
 
Sampai saat ini, lanjutnya, sebagian besar transaksi online harian berasal dari DKI Jakarta sebesar 29%, Bandung (27%), Semarang (14%), Yogyakarta (8%) dan Surabaya (21%).
 
“Kini masyarakat semakin terbiasa mengakses informasi mobil bekas melalui internet. Hal itu merupakan peluang besar yang mampu kami tangkap sehingga nilai transaksi mobil bekas tokobagus.com berkontribusi cukup signifikan terhadap pendapatan kami,” tuturnya.
 
Dihubungi terpisah, Manajer Senior Pemasaran Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua Herjanto Kosasih memprediksi tren peningkatan penjualan mobil bekas terus berlanjut sepanjang tahun ini.
 
Hal tersebut disebabkan oleh rencana pemerintah yang segera menaikkan uang muka minimum menjadi 25% - 30% untuk setiap pembelian mobil baru pada 15 Juni 2012. Kenaikan uang muka dapat membuat nilai transaksi awal mobil baru semakin besar.
 
“Ini kesempatan bagi pebisnis mobil bekas meningkatkan penjualan karena regulasi tersebut tak dikenakan untuk segmen mobil bekas. Terlebih, pemerintah sempat melontarkan isu menaikkan harga BBM. Harga mobil bekas semakin kompetitif,” tuturnya.
 
Menurut dia, penjualan mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, pada Januari – April naik 15,4% dibandingkan dengan periode yang sama 2011 dari 8.299 unit menjadi 9.577 unit.
 
“Pertumbuhan penjualan disebabkan banyak konsumen yang membeli mobil second bermesin diesel dan mobil mewah,” tuturnya.
 
Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua merupakan salah satu pusat transaksi mobil bekas terbesar di dunia yang memiliki ruang pamer (show room) tujuh lantai dalam satu gedung.
 
Ruang pamer yang terletak di lantai 3, 3A, 5, 6, P7, P8, dan P9 itu mampu menampung lebih dari 2.500 mobil bekas. (sut)

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top