Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KA BANDARA: Berapa harga tiket ideal?

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia memprediksi dengan penetapan harga tiket kereta bandara dari Manggarai ke Bandara Soekarto Hatta sebesar Rp60.000 hingga Rp75.000 akan mengembalikan biaya investasi proyek tersebut selama 10  tahun.    

JAKARTA: PT Kereta Api Indonesia memprediksi dengan penetapan harga tiket kereta bandara dari Manggarai ke Bandara Soekarto Hatta sebesar Rp60.000 hingga Rp75.000 akan mengembalikan biaya investasi proyek tersebut selama 10  tahun.              Direktur Utama Kereta Api Indonesia (KAI) Ignasius Jonan mengatakan penetapan tarif mengacu kepada kemampuan moda transportasi ini dalam menawarkan ketepatan  waktu untuk perjalanan ke Bandara Soekarno-Hatta.  "Harga karcis tentu  belum difinalkan, nanti akan dihitung lagi," ujarnya kepada Bisnis, pagi ini, 16 Mei 2012.Namun, jelasnya, kalau harga karcis sebesar itu Rp65.000 hingga Rp75.000 tentunya  payback period [masa pengembalian investasi] proyek ini selama 10 tahun.  Pendanaan proyek KA Bandara semula  direncanakan  akan diraih dari sindikasi PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk, dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Total biaya yang diperlukan untuk mendanai proyek kereta bandara Rp2,25 triliun.  Komposisi pendanaan eksternal untuk proyek ini sebesar 85% dan sisanya dari pendanaan internal.Rencananya, KAI akan mencari pendanaan Rp1,913 triliun dari tiga bank BUMN untuk membiayai pembangunan kereta bandara.Jonan mengatakan dalam waktu dekat penandatangan kredit pinjaman dengan bank BUMN akandilakukan. Kereta bandara yang akan dibangun BUMN itu yakni jalur kereta komuter melalui Manggarai-Sudirman-Tanah Abang-Duri-Grogol-Bojong Indah-Kalideres-Tanah Tinggi-Bandara Soekarno Hatta.Jalur itu mengikuti kereta Tanah Abang-Tangerang yang sudah ada dengan penambahan jalur ganda sepanjang rute dan penambahan jalur baru sepanjang 7 km dari Tanah Tinggi ke Bandara Soekarno Hatta. (arh)

 

 

JANGAN LEWATKAN: 

+ IHSG PAGI: Indeks melaju dalam tekanan

+ TRAGEDI SUKHOI: Jadi tanda tanya kenapa black box hangus terbakar

+ Antam turunkan harga buybackRp8.500 per gram

+ HARGA KOMODITAS: Indeks naik meski minyak terkoreksi

+ EURO bergerak flat

+ TRAFFIC HARI INI: Kendaraan menumpuk di sejumlah ruas

+ CUACA HARI INI: Hujan ringan hampir merata

+ HEADLINE HARI INI: Regulasi baru tak pro pebisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : M. Munir Haikal

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper