Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LISTRIK PRABAYAR: Pelanggan capai 5 juta, terbesar di dunia

TANGERANG: Pelanggan listrik prabayar atau listrik pintar PLN sudah mencapai 5 juta pelanggan. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pelanggan listrik prabayar terbesar di dunia.Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan tahun lalu

TANGERANG: Pelanggan listrik prabayar atau listrik pintar PLN sudah mencapai 5 juta pelanggan. Angka ini menjadikan Indonesia sebagai negara dengan jumlah pelanggan listrik prabayar terbesar di dunia.Direktur Utama PLN Nur Pamudji mengatakan tahun lalu posisi Indonesia masih di bawah Afrika Selatan, tetapi kini posisi itu sudah disalip."Listrik pintar sudah tembus ke angka 5 juta pelanggan. Saat ini Indonesia jadi tempat penerapan teknologi listrik prabayar nomor satu di dunia," ujarnya di Desa Klebet, Kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang, Banten, hari ini, Kamis, 10 Mei 2012.Pelanggan listrik prabayar ke 5 juta itu jatuh kepada Ibu Elah, warga Desa Klebet yang merupakan pelanggan rumah tangga 450 VA. Nur mengatakan program listrik pintar dirancang terutama untuk masyarakat di pedesaan seperti di Desa Klebet ini."Ini supaya masyarakat mudah berlangganan listrik. Kalau nggak pakai listrik pintar, masyarakat harus bayar listrik sebulan sekali, jumlahnya bisa kerasa mahal bisa Rp15.000, bisa Rp60.000," ujarnya.Selain itu, dengan listrik prabayar, masyarakat tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota untuk beli voucher isi ulang. Pasalnya, saat ini penjualan voucher sudah ada banyak di toko di desa layaknya penjualan pulsa handphone.Listrik pintar sendiri mulai dipasarkan pada 2008 dan saat itu jumlah pelanggannya baru 70.000 di Jabar. Selanjutnya pada 2009, jumlah pelanggannya naik hampir 9 kali lipat menjadi sekitar 600.000 pelanggan.Baru pada 2010 mulai dipasarkan secara besar-besaran di seluruh Indonesia hingga ke pelosok dengan jumlah pelanggan mencapai 1,5 juta. Pada 2011, jumlah pelanggan mencapai 2,9 juta. (tw) 

 

+ JANGAN LEWATKAN:

10 ARTIKEL PILIHAN Hari Ini

5 Kanal TERPOPULER Bisnis.com

Ini 10 Artikel MOST READ Setahun Terakhir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper