Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MERPATI NUSANTARA datangkan simulator baru

JAKARTA: Maskapai Merpati Nusantara mendatangkan satu unit simulator baru untuk pesawat MA-60 senilai US$13,2 juta dan menargetkan akan mampu menjadi pusat pelatihan jenis ini untuk kawasan Asia Pasifik.“Simulator yang kami pesan sesuai kontrak

JAKARTA: Maskapai Merpati Nusantara mendatangkan satu unit simulator baru untuk pesawat MA-60 senilai US$13,2 juta dan menargetkan akan mampu menjadi pusat pelatihan jenis ini untuk kawasan Asia Pasifik.“Simulator yang kami pesan sesuai kontrak sudah datang sejak April 2012. Berdasarkan kontrak, begitu pesawat datang, 1 tahun kemudian simulator menyusul,” kata Direktur Utama Merpati Nusantara Airlines Sardjono Jhony kepada Bisnis, Rabu, 9 Mei 2012.Dia menambahkan simulator ini masih proses penginstalan, sehingga Agustus 2012 diperkirakan sudah dapat beroperasi.

 

Simulator pesawat MA-60 ini ditempatkan di Merpati Training Center (MTC) Surabaya dan ditargetkan mampu menjadi pusat training pesawat buatan pabrikan Xian Aircraft China.Meski pesawat MA-60 buatan China, lanjut Jhony, simulatornya buatan Amerika Serikat dengan komponen dari Rock Well Collins.“Jadi jangan dipersoalkan lagi soal buatan dari mana, namun pesawat MA-60 itu handal, tidak bisa disamakan dengan motor asal China. Kualitas pesawat sesuai standar internasional yakni Civil Aviation Organization (ICAO), kalau mocin itu biasanya buatan rumahan di China” tuturnya.Pihaknya menargetkan dengan adanya simulator MA-60 ini, bisa meningkatkan training pilot Merpati, juga mampu menjadi pusat training di Asia Pasifik.Selain menjadi pusat training karena memiliki simulator MA-60, Jhony menargetkan, Merpati Maintenance Facility (MMF) di Surabaya juga akan menjadi pusat perawatan pesawat di kawasan Asia Pasifik.“Untuk mencapai target itu, kami sudah mengantongi sertifikat dari EASA, sehingga pesawat-pesawat buatan Eropa dapat dirawat disini. Sekarang kami sudah tangani perawatan dari maskapai asal Filipina,” tuturnya. (ra)

 

 

BACA JUGA

>>IHSG Turun 52,01 Poin

>>Buyback Antam longsor Rp11.000/gram

>>Bakrie Upsize Ownership In Bumi Resources

>>12  SUKHOI Superjet-100 Ordered By Sky Aviation

10 Artikel Pilihan Bisnis.com

5 Kanal terpopuler Bisnis.com

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper