MOBILE BEKAS: Penjualan di WTC Mangga Dua naik 14%

 
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 08 April 2012  |  20:45 WIB

 

JAKARTA: Penjualan mobil bekas di Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Jakarta, naik 13,64% pada kuartal I/2012 dibandingkan dengan kuartal I/2011.
 
Realisasi penjualan pada Januari–Maret 2011 sebesar 6.321 unit, tapi pada Januari–Maret 2012 penjualan tumbuh menjadi 7.183 unit. 
 
“Pertumbuhan penjualan disebabkan banyak konsumen yang membeli mobil second bermesin diesel dan mobil mewah. Ini terjadi setelah pemerintah akan menaikkan harga BBM,” kata Herjanto KosasihManajer Pemasaran Senior BMB-WTC Mangga Dua,  hari ini.
 
Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua merupakan salah satu pusat transaksi mobil bekas terbesar di dunia yang memiliki ruang pamer (show room) tujuh lantai dalam satu gedung. Ruang pamer yang terletak di lantai 3, 3A, 5, 6, P7, P8, dan P9 itu mampu menampung lebih dari 2.500 mobil bekas.
 
Menurut Herjanto, sebagian calon konsumen langsung memanfaatkan momentum menjelang kenaikan harga BBM untuk membeli mobil bekas sebagai antisipasi meningkatnya harga mobil bekas pascakenaikan harga BBM.
 
Di sisi lain, banyak masyarakat yang langsung menjual mobil mereka ketika mengetahui pemerintah akan menaikkan harga BBM. Jika mobil belum terjual ketika harga BBM telah naik, mereka khawatir akan kesulitan mendapatkan penawaran yang menarik dari diler. 
 
Pada saat yang sama, harga BBM nonsubsidi beroktan di atas 92 seperti Pertamax terus melambung sehingga membuat pemilik mobil mewah kewalahan. Keadaan ini diduga menjadi pemicu sebagian dari mereka menjual mobil mewahnya.
 
Dengan begitu, pasokan mobil mewah yang mayoritas berkapasitas mesin di atas 2.000 cc langsung menumpuk di gerai-gerai BMB-WTC Mangga Dua. Namun, Herjanto mengklaim pasokan yang melimpah tersebut cepat pula berkurang.
 
Dengan stok yang menumpuk dan permintaan belum terlalu banyak, otomatis harga jual mobil mewah bekas menjadi sangat murah.
 
“Kalau konsumen ingin membeli mobil mewah bekas, sekarang saat yang tepat karena harganya masih murah,” ujarnya.
 
Dalam 2 hari setelah pemerintah membatalkan kenaikan harga BBM bersubsidi pada 1 April, transaksi mobil bekas di WTC Mangga Dua meningkat drastis dari 75 – 100 unit per hari menjadi di atas 200 unit per hari.
 
“Beberapa hari ini, penjualan mobil bermesin diesel secara khusus meningkat signifikan. Namun, karena permintaannya meningkat dan pasokan mulai mengecil, harga mobil bermesin diesel naik cukup besar,” katanya.
 
Beberapa merek mobil diesel yang paling banyak diburu konsumen di antaranya Mitsubishi Pajero Sport, Toyota Fortuner dan Toyota Innova. 
 
Harga untuk Pajero Sport keluaran 2011 dan awal 2012 mencapai Rp385 juta – Rp390 juta per unit, sedangkan Toyota Innova keluaran periode tahun yang sama berkisar Rp200 juta per unit.
 
“Harga ketiga jenis mobil itu boleh dibilang mahal untuk ukuran mobil bekas. Namun, konsumen tetap banyak yang mencari. Saya sampai bingung,” lanjutnya. (sut)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top