Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

DENPASAR: PT Sido Muncul tahun ini berupaya lebih fokus kepada ekspor produk obat herbal dan farmasi untuk mendongkrak kontribusi pendapatan dari pasar mancanegara sebasar 100%. 
 
Sales Manager PT Sido Muncul Rico Andrea Hidayat  mengatakan tahun ini konsentrasi penjualan produk obat herbal dan farmasi SidoMuncul akan lebih diarahkan pada peningkatan penjualan ke pasar ekspor, khususnya ke kawasan Asia Tenggara, Australia dan Eropa. 
 
Langkah tersebut dilakukan menyusul tingginya permintaan produk SidoMuncul di kawasan negara itu, terutama untuk produk Tolak Angin dan Kuku Bima, yang diakui juga dari tahun ke tahun pertumbuhan untuk jenis produk dimaksud penjualan ekspor naik sangat signifikan.
 
“Saat ini kontribusi ekspor baru berkisar 6%-10% dari total penjualan perusahaan. Karena itu kita akan lebih fokus lagi. Tahap awal akan ekspor ke kawasan Asean seperti  seperti Malaysia, Singapura, Thailand, dan Brunei, Hong Kong, China , Jeddah hingga Australia, setelah itu menyusul ke Eropa. Dengan upaya ini, jika 2011 kontribusi ekspor baru 6%, tahun ini diharapkan bisa naik 100%,” katanya tanpa merinci volume ekspor yang akan dilakukan tersebut.
 
Rico juga menjelaskan produk SidoMuncul seperti Tolak Angin dan Kuku Bima  sudah banyak dikenal di luar negeri. Bahkan dikatakan selama ini penjualannya telah dilakukan baik melalui agen skala kecil maupun dibawa oleh warga Indonesia yang bepergian ke luar Indonesia, ataupun para tenaga kerja (TKI).
 
“Tahap awal SidoMuncul akan fokus pada ekspor Tolak Angin yang sudah menjadi obat herbal terstandar.  Bahkan Tolak Angin nantinya diharapkan menjadi ikon SidoMuncul di pasar ekspor,” kata Nanik R Sunarso, Senior Manager Public Relation Manager PT Sido Muncul.
 
Nanik menjelaskan SidoMuncul akan terus melakukan inovasi sesuai kebutuhan pasar dan permintaan konsumen. Untuk produk kopi jahe misalnya, merupakan produk inovasi yang dirilis tahun lalu, dan terbukti hingga saat ini permintaannya sangat tinggi di berbagai daerah. 
 
Tahun ini menurut dia SidoMuncul kembali akan meluncurkan produk baru obat panas dalam, yaitu Alangsari plus dalam dua varian yakni ekstrak jeruk nipis dan ekstrak jeruk manis, serta satu lagi produk jahe susu untuk segala usia.
 
“Dalam kondisi cuaca yang tidak bersahabat seperti sekarang ini, SidoMuncul membuat produk sesuai kebutuhan konsumen seperti jahe susu. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesehatan tubuh serta alangsari obat panas dalam. Sedangkan kopi jahe sangat direspon masyarakat karena diproduksi dengan rendah gula,” kata Nanik. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : S. Ardiansyah

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper