Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

BOGOR: Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengatakan program kehutanan ke depan lebih fokus pada penanaman pohon karena tidak ada lagi kebijakan penerbitan izin usaha hutan baru sejak 2010.
 
Semua potensi sumber daya dari dunia usaha, partisipasi publik dan lembaga asing, dikerahkan untuk merealisasikan target penanaman 1 miliar pohon per tahun.
 
"Pada 2011 ini realisasi penanaman pohon sudah mencapai 827 juta batang pohon atau 80% dari target. Kami optimistis bahwa penanaman 1 miliar pohon akan tercapai. Bahkan bisa melebihi target," ujarnya dalam acara peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon
Nasional 2011 di Puncak Bukit Merah Putih Bogor, hari ini.
 
Dalam kegiatan itu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Boediono memimpin aksi menanam pohon di lokasi acara bersama dengan pejabat yang lain.
 
Zulkifli mengatakan program menanam pohon tersebut sejalan dengan keinginan dunia yang ingin kembali menghijaukan bumi untuk penyelamatan iklim bumi yang mulai terganggu oleh kerusakan hutan.
 
Program penanaman pohon tersebut, ungkapnya, juga untuk merealisasikan janji pemerintah untuk menekan emisi karbon hingga 26% pada 2020 dengan menjadikan program kehutanan sebagai ujung tombaknya.
 
Menurut dia, target 1 miliar pohon per tahun merupakan peningkatkan dari program sebelumnya yang ditargetkan sebanyak 100 juta pohon per tahun.
 
Dia mengatakan penaikkan target yang cukup besar itu dilatarbelakangi oleh keprihatinan dengan fenomena bencana alam yang makin banyak terjadi di Indonesia yang disebabkan oleh kerusakan hutan di banyak daerah.
 
Selain itu, Menhut mengatakan Indonesia mulai berhasil menertibkan pemanfaatan hutan alam dari segi eksploitasi untuk kegiatan bisnis.
 
Dalam hal ini, tuturnya, 80% dari total produksi kayu nasional yang mencapai 50 juta m2 didapatkan dari hutan tanaman. "Kurang dari 20% yang berasal dari hutan alam."
 
Saat ini, lanjutnya, pemerintah terus meningkatkan program hutan tanaman dengan memproduksi bibit tananam yang berkualitas baik dan terjangkau masyarakat.
 
"Kemenhut pada 2010 telah membangun kebun bibit rakyat sebanyak 8.000 bibit setara dengan 400 juta batang bibit pohon di 422 kabupaten dan kota," ujarnya lagi. (ln)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper