Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Angkutan batu bara bisa melalui jalur alternatif

 
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 28 November 2011  |  21:29 WIB

 

JAKARTA: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan ada jalan alternatif untuk mengangkut batu bara di Provinsi Kalimantan Timur dan tidak harus melalui Sungai Mahakam. 
 
Dirjen Mineral dan Batu bara Kementerian ESDM Thamrin Sihite mengatakan robohnya Jembatan Kutai Kartanegara yang menghubungkan Kota Tenggarong dengan Tenggarong Seberang pada Sabtu lalu itu, tidak terlalu mengganggu aktivitas pengangkutan batu bara di sana. 
 
"Kan banyak jalan, bukan hanya dari situ [Sungai Mahakam], kan ada jalan alternatif, bisa lewat darat," ujarnya ketika ditemui di Gedung DPR-RI hari ini. 
 
Menurutnya, memang ada kemungkinan tambahan ongkos angkut akibat pengangkutan melalui jalan darat. Namun ia belum mau merinci hal itu lebih jauh. 
 
Di sisi lain, Thamrin mengaku belum ada laporan resmi baik dari pejabat terkait maupun dari perusahaan batu bara yang berada di sana terkait terganggunya lalu-lintas pengangkutan batu bara akibat dari robohnya jembatan tersebut. 
 
"Belum ada laporan ke saya. Ini tergantung batu baranya diangkut dari mana. Mungkin ada batu bara yang tidak melalui sungai itu, jadi bukan hanya itu alternatif untuk pengangkutan, itu point-nya," ujarnya. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top