Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tender konstruksi kini lebih transparan

JAKARTA: Pelaksanaan proses tender proyek konstruksi dapat lebih transparan dengan adanya akses informasi dunia konstruksi secara online melalui Sistem Informasi Pembinaan Jasa Konstruksi (Sipjaki) yang diluncurkan, kemarin.Kepala Badan Pembinaan Konstruksi

JAKARTA: Pelaksanaan proses tender proyek konstruksi dapat lebih transparan dengan adanya akses informasi dunia konstruksi secara online melalui Sistem Informasi Pembinaan Jasa Konstruksi (Sipjaki) yang diluncurkan, kemarin.Kepala Badan Pembinaan Konstruksi (BPK) Bambang Goertino berharap melalui sipjaki tugas pembinaan yang meliputi pengaturan, pemberdayaan, dan pengawasan dapat dilakukan dengan lebih mudah.“Begitu banyak proyek yang disiapkan PU dan begitu besar peran masyarakat konstruksi. Dengan sipjaki seluruh pelaksanaan tender dapat lebih mudah dan transparan,” ujar Bambang saat peluncuran Sipjaki dalam Pameran Konstruksi Indonesia 2011, di JCC Senayan, hari ini.Di dalam website sipjaki yang beralamat www.jasakonstruksi.net terdapat berbagai informasi. Diantaranya data ijin usaha konstruksi (IUJK) badan usaha nasional maupun asing sekaligus status pengenaan sanksi, sehingga pengguna jasa dapat melihat secara langsung track record kontraktor yang mengikuti tendernya.Selain itu, juga memuat data sertifikat badan usaha (SBU) sertifikat keahlian (SKA) dan sertifikat keterampilan (SKT). Business matching material dan peralatan tentang peralatan dan material yang dibutuhkan dari berbagai pengguna jasa atau suplier yang terbagi atas suply dan demand terbaru.Data pekerjaan konstruksi yang sedang berjalan dan badan usaha yang menjadi pelaksananya, serta data proses pelelangan pekerjaan konstruksi yang terhubung langsung dengan e-procourment Kementerian PU.Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Soeharsojo menyambut baik sistem informasi online jasa konstruksi tersebut. Pasalnya, melalui sistem tersebut seluruh informasi baik dari pengguna jasa maupun penyedia jasa dapat lebih transparan.Misalnya saja, ketika pemilik proyek membuka tender konstruksi, dia dapat melihat track record serta kemampuan penyedia jasa yang mengikuti tender tersebut baik melalui ijin usaha maupun sertifikat yang dimiliki.Begitu pula dengan asosiasi maupun badan usaha konstruksi, dapat melihat secara langsung status sertifikat maupun grade yang dimiliki. Apakah sudah benar ataukah masih ada persoalan di dalamnya.“Semua bisa lebih terbuka. Dan ini sangat bermanfaat untuk dunia konstruksi bila semuanya bermuara untuk perbaikan.”Sipjaki merupakan sistem informasi yang dikelola pembina jasa konstruksi nasional, provinsi, dan daerah untuk memudahkan akses informasi usaha jasa konstruksi, peningkatan transparansi, serta membantu memperkuat jaringan bisnis pelaku usaha. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper