Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anggaran guru honerer dihentikan, PGRI andalkan Bosda

BALIKPAPAN: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Wilayah Balikpapan tidak mengkhawatirkan atas dihentikannya anggaran bagi tenaga pengajar tidak tetap yang ada di sekolah.Ketua PGRI Balikpapan Sri Hariyatmo mengatakan pengangkatan tenaga pengajar

BALIKPAPAN: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Wilayah Balikpapan tidak mengkhawatirkan atas dihentikannya anggaran bagi tenaga pengajar tidak tetap yang ada di sekolah.Ketua PGRI Balikpapan Sri Hariyatmo mengatakan pengangkatan tenaga pengajar di sekolah dilakukan oleh kepala sekolah dengan rujukan surat edaran dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Balikpapan."Untuk itu, pembiayaan gaji guru berasal dari dana bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) yang dihitung dari jumlah siswa yang ada," ujarnya hari ini.Dia menegaskan tenaga pengajar tersebut diperlukan karena guru tetap tidak bisa menyelesaikan seluruh tugas yang dibebankan. Hari memberi contoh apabila ada guru yang pensiun maka tenaga pengajar tersebut diperlukan untuk menutup waktu yang kosong tersebut.Dia menambahkan perekrutan tenaga pengajar oleh kepala sekolah pun bersifat opsional sesuai dengan keperluan. Apabila nantinya sudah memenuhi kuota, kepala sekolah wajib untuk tidak merekrut tenaga pengajar baru.Hari mengatakan selama kepala sekolah memasukkan pembiayaan gaji tenaga pengajar dalam rencana kegiatan anggaran (RKA) sekolah, tidak ada masalah berarti ketika APBD Kota menyetop pendanaannya. Untuk itu, Kepala Sekolah perlu untuk memperhatikan apakah tenaga pengajar yang direkrut sudah dimasukan dalam RKA. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper