Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kontrak pipa Rekind masih terkatung-katung

 
Aprianto Cahyo Nugroho
Aprianto Cahyo Nugroho - Bisnis.com 18 November 2011  |  20:20 WIB

 

JAKARTA: Setelah lima tahun berlalu, PT Rekayasa Industri (Rekind) masih harus  menunggu kepastian gas dari pemerintah untuk melanjutkan proyek ruas pipa Cirebon-Semarang yang merupakan bagian dari pipanisasi
transjawa.
 
Presiden Direktur Rekind M. Ali Suharsono mengatakan begitu mendapat pasokan gasnya, Rekind akan langsung merealisasikan pembangunannya.
 
"Kita sudah menang sejak beberapa tahun yang lalu. Kalau sudah ada gasnya, kita akan segera realisasikan. Kapannya itu tergantung gasnya ini," ujarnya hari ini.
 
Pipanisasi transjawa terdiri dari dua ruas, pertama ruas pipa Cirebon-Semarang sepanjang 230 kilometer yang akan dikerjakan Rekind. Rekind sudah meraih hak khusus membangun ruas pipa tersebut sejak 2006. Kedua, ruas pipa Semarang-Gresik sepanjang 250 kilometer yang akan dikerjakan PT Pertamina.
 
Ali mengatakan investasi pembangunan ruas pipa Cirebon-Semarang berkisar antara US$300 juta—US$400 juta. Jika pasokan gasnya sudah didapat, lanjutnya, masa konstruksi hanya dibutuhkan waktu dua tahun.
 
"Konstruksi lebih kurang dua tahun, sedangkan biayanya lebih kurang US$300-US$400 juta," ujarnya.
 
Rekind saat ini sedang melakukan survey dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) terkait pembangunan ruas pipanya, apakah akan menggunakan jalur kereta api atau jalur tol. Saat ini Rekind juga masih mencari mitra untuk mengerjakan proyek tersebut dan saat ini sebenarnya sudah
banyak yang berminat. (sut)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top