Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

17 Pemda siap pungut sendiri PBB

 
- Bisnis.com 14 November 2011  |  18:08 WIB

 

JAKARTA: Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan mengumumkan 17 daerah yang telah menyatakan siap untuk memungut sendiri pajak bumi dan bangunan pedesaan dan perkotaan (PBBP2) mulai tahun depan.
 
Marwanto, Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan, menjelaskan setidaknya ada lima kota di Pulau Sumatera yang sudah menyatakan kesanggupan untuk memungut PBBP2, yaitu Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kota Pekanbaru, Kota Palembang, dan Kota Bandar Lampung.
 
Sementara itu di Pulau Jawa meliputi Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Semarang, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sukohardjo, Kabupaten Sidoarjo, dan Kota Yogyakarta.
 
Kemudian di Pulau Kalimantan adalah Kota Balikpapan, Kota Samarinda, dan Kota Pontianak. Lalu diikuti  oleh Kota Palu, dan Kota Gorontalo dari Pulau Sulawesi.
 
"Potensi penerimaan PBB-P2 di 17 daerah tersebut berdasarkan realisasi penerimaan PBBP2 2010 sebesar Rp1,014 triliun," jelas dia melalui pesan singkat hari ini.
 
Menurut Mardiasmo, ke-17 daerah tersebut sudah mengesahkan peraturan daerah pemungutan PBBP2 paling lambat Juni 2011 lalu. Saat ini, lanjutnya, pemerintah dari 17 daerah tersebut telah dan sedang melakukan persiapan pengalihan pemungutan PBB tersebut.
 
Dalam APBN 2012, pemerintah pusat telah memperhitungkan dampak penarikan PBBP2 di sejumlah daerah, yang akan akan menggerus penerimaannya hingga Rp5,98 triliun. Dengan demikian, target
penerimaan PBB yang dibebankan oleh pemerintah pusat sebesar Rp35,64 triliun akan dikurangi sebesar Rp5,98 triliun dalam APBN Perubahan 2012. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top