Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

HONOLULU:Indonesia akan meningkatkan  komunikasi dengan seluruh  anggota APEC,  menyusul sejumlah  negara yang ada di kawasan Asia Pasifik selama ini telah menjadi pasar utama ekspor produk dalam negeri.
 
Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan  lima negara yang menjadi anggota Asia Pacific Economi Copoperation menjadi  lima pasar terbesar untuk produk RI, yaitu  China, Jepang, AS, Korsel, dan Singapura.
 
"China,  Jepang, Amerika Serikat, Korsel, Singapura menjadi top destinasi produk ekpor [Indonesia]. APEC ada 21 negara, yang 15 negara [lainnya], harus  kita intensifkan juga komunikasinya untuk memperdalam memperlebar ekspor kita , itu semangatnya," kata Gita menjawab pertanyaan wartawan hari ini, disela rangkaian kegiatan KTT APEC 2011 yang dilakukan di Honolulu, Hawai, AS.
 
Adapun 15 negara lainnya dari anggota APEC yang belum tergarap optimal sebagai pasar tujuan ekpor produk dalam negeri asal Indonesia adalah Australia, Brunei Darussalam, Kanada, Cili, Hong Kong, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Papua New Guinea, Peru, Filipina, Rusia, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.
 
Upaya menggenjot  nilai ekpor ke negara anggota APEC, ujarnya, juga sekaligus sebagai salah satu upaya yang dilakukan untuk  mencari pasar baru  yang potensial, apalagi menyusul terjadinya krisis finansial di Eropa dan AS.
 
"Tentunya masing- masing negara punya kepentingan, kita juga punya kepentingan. Kebutuhan mereka apa itu yang bisa kita penuhi,  kebutuhan kita apakah itu mereka yang bisa penuhi," kata Gita.
 
Dia mengatakan memang banyak yang menyuarakan dilakukannya liberalisasi perdagangan dengan sejumlah negara. 
 
"Liberalisasi ini juga harus sepadan atau mengikuti semangat asional," kata  Gita. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin-nonaktif
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper