Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hore, peringkat logistik Indonesia naik!

 
Tisyrin Naufalty Tsani
Tisyrin Naufalty Tsani - Bisnis.com 10 November 2011  |  20:22 WIB

 

JAKARTA: Kamar Dagang dan Industri (Kadin) yakin penaikan peringkat biaya logistik nasional yang kini berada di level 75 dari 186 negara di dunia akan berdampak besar terhadap perekonomian nasional.
 
Wakil Ketua Umum Kadin bidang Perdagangan, Distribusi dan Logistik Natsir Mansyur mengatakan upaya menekan biaya logistik nasional akan berimplikasi terhadap pergerakan perekonomian nasional.
 
Menurut dia, kini pada saat biaya logistik nasional tinggi, disparitas harga antardaerah sangat tinggi. 
 
"Dampaknya, perekonomian nasional bergerak lambat," katanya hari ini.
 
Kadin berulang kali mendesak agar biaya logistik di Indonesia yang begitu tinggi harus dipangkas. Kadin meminta biaya logistik terhadap produksi harus dipangkas dari 17% menjadi 10%.
 
Sebelumnya Kadin menuturkan kajian yang dilakukan LPEM UI 2005 yang menyatakan bahwa biaya logistik di Indonesia dibandingkan biaya produksi adalah 14% mencakup inbound 7,2%, industi 2,9%, dan outbound 4%
 
Jika melihat dari porsi biaya logistik terhadap PDB di Indonesia masih mencapai 27%. Biaya logistik terhadap PDB di AS sebesar 9,9%. Sedangkan di Jepang biaya logistik terhadap PDB 10,6%. Di Korea Selatan biaya logistik terhadap PDB 16,3%.
 
Dia menambahkan ingga kini biaya logistik di Indonesia yang masih mencapai 17% belum efisien bahkan jauh di atas Jepang (5%), Filiphina (7%), Singapura (6%), dan Malaysia (8%). "Kami yakin tercapai," katanya.
 
Pada 2013, sistem logistik Asean akan terintegrasi sehingga daya saing sektor ini harus digenjot supaya pada saat program itu dijalankan, bidang ini lebih siap. Sedangkan pada 2015, pasar Asean juga terintegrasi, sedangkan 2020, giliran pasar global. (sut)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top