Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekonomi dunia demam, RI optimistis tumbuh di atas 6,5%

JAKARTA: Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional masih tetap kuat pada pengujung tahun ini, meskipun ada kekhawatiran terhadap prospek ekonomi dunia masih tinggi.Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A. Johansyah mengatakan pertumbuhan

JAKARTA: Bank Indonesia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi nasional masih tetap kuat pada pengujung tahun ini, meskipun ada kekhawatiran terhadap prospek ekonomi dunia masih tinggi.Kepala Biro Humas Bank Indonesia Difi A. Johansyah mengatakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2011 mencapai 6,5% yang didukung tingginya ekspor dan konsumsi. Pencapaian itu mengindikasikan masih terbatasnya dampak gejolak ekonomi global terhadap perekonomian domestik."Pada kuartal IV/2011, pertumbuhan ekonomi berpotensi lebih tinggi dari kuartal sebelumnya, ditopang masih kuatnya konsumsi rumah tangga dan ekspor serta prakiraan peningkatan belanja pemerintah pada bulan terakhir,” ujarnya dalam keterangan tertulis, siang ini.Menurutnya, prakiraan kuat konsumsi rumah tangga didukung oleh terjaganya daya beli dan optimisme konsumen. Sementara itu, lanjutnya, pertumbuhan ekspor diprakirakan masih tinggi.“Secara keseluruhan tahun 2011, pertumbuhan ekonomi diprakirakan mencapai 6,5%. Sektor-sektor yang diprakirakan menjadi pendorong utama adalah sektor industri, sektor perdagangan, hotel dan restoran, dan sektor transportasi dan komunikasi,” jelasnya.Dewan gubernur BI berpandangan hingga saat ini pasar keuangan domestik terus membaik. Kondisi yang membaik tersebut seiring dengan berbagai langkah kebijakan yang ditempuh BI dan pemerintah dalam memitigasi dampak gejolak ekonomi global.Hal itu tercermin pada kinerja bursa saham yang meningkat dan imbal hasil SBN yang menurun. Di sisi lain, suku bunga pasar uang antar bank juga cenderung menurun seiring dengan tersedianya likuiditas yang memadai. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Saeno
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper