Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI syaratkan bebas radiasi bagi produk Jepang

JAKARTA: Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi mengatakan Indonesia tidak akan mengimpor produk pangan dari Jepang jika tidak disertai dengan sertifikasi bebas radiasi. Bayu mengatakan pemerintah akan terus melakukan diplomasi dengan pihak Jepang

JAKARTA: Wakil Menteri Pertanian Bayu Krisnamurthi mengatakan Indonesia tidak akan mengimpor produk pangan dari Jepang jika tidak disertai dengan sertifikasi bebas radiasi. Bayu mengatakan pemerintah akan terus melakukan diplomasi dengan pihak Jepang dalam rangka melindungi keamanan pangan di dalam begeri yang bisa dijamin bebas radiasi."Diplomasi terus kita jalankan. Kalau tidak ada itu [sertifikasi yang menjamin produk bebas radiasi] tidak kita masukan [ke Indonesia]. Kalau sampai tidak ada clearance bebas radiasi, kita tolak. Yang jelas, posisi kebijakan kita dalam rangka melindungi keamanan pangan dalam negeri, kata Bayu menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden, hari ini.Menurut dia, sertifikasi bebas radiasi dari pihak Jepang tidak hanya diminta oleh Indonesia, melainkan oleh banyak negara guna mengantisipasi cemaran radiasi yang terbawa di produk asal Jepang pascakebocoran reaktor nuklir Fukushima.Dia mengatakan pemerintah menginginkan Jepang memberi perlindungan konsumen seperti halnya negara tersebut memberikan hal sama pada konsumen di Negeri Sakura.Mereka membuat tanda pada konsumen mereka, [dengan] memberi label. Berikan juga jaminan pada konsumen kita [Indonesia]. Perlakukan kami sama seperti Anda [Jepang] memperlakukan konsumen sendiri, kata Bayu.(yn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper