Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tim koordinasi siapkan 5 daerah percontohan kewirausahaan

UKM

UKM

17/02

Oleh Fajar Sidik

JAKARTA : Tim koordinasi pengembangan wirausaha kreatif (TKPW) menyiapkan proyek percontohan (pilot project) pengembangan kewirausahaan di 5 daerah untuk dijadikan model bagi pengembangan wirausaha baru.

Ketua TKPW Kementerian Koordiator Perekonomian Handito Joewono mengatakan saat ini tim koordinasi pengembangan kewirausahaan yang melibatkan kementerian dan lembaga pemerintahan, Kadin dan asosiasi pengusaha serta masyarakat tengah menyiapkan proyek percontohan di 5 daerah.

Beberapa daerah berpotensi untuk dijadikan percontohan bagi pengembangan kewirausahaan a.l Riau, Medan, Bandung, Indramayu, Yogyakarta dan Bondowoso serta beberapa daerah lainnya yang memiliki potensi kewirausahaan cukup baik.

Namun, kami belum menentukan daerah mana saja yang akan dijadikan percontohan itu karena harus mengkaji kesiapan dari masyarakat dan pemerintah daerah. Tapi pilot project ini diharapkan akan meningkatkan koordinasi antar lembaga pemerintah dan para pemangku kepentingan agar semakin solid, jelasnya kepada Bisnis hari ini.

Handito mengutarakan tim koordinasi sebenarnya tidak memiliki kegiatan langsung namun secara aktif terlibat dalam pembentukan proyek percontohan baik untuk pengembangan klaster industri kecil menengah maupun pertanian dan perdagangan.

Saat ini, katanya, pihaknya tengah menginventarisasi potensi kewirausahaan di sejumlah daerah agar setiap kementerian dan lembaga pemerintahan serta dunia dan usaha dan perguruan tinggi bisa terlibat aktif sesuai dengan kepasitasnya untuk pembentukan wilayah percontohan kewirausahaan itu.

Untuk tahap awal diharapkan bisa terwujud pembentukan 5 wilayah percontohan kewirausahaan terutama menjadi model bagi penguatan koordinasi diantara para pemangku kepentingan agar pengembangan kewirausahaan bisa menemukan pola koordinasi yang semakin efektif.

Handito menyatakan untuk proyek awal yang dilakukan tim koordinasi dalam pencanangan gerakan kewirausahaan nasional dan entrepreneur summit dinilai cukup baik dan terjadi koordinasi yang solid.

Untuk itu, katanya, pengembangan kewirausahaan ke depan diharapkan bisa semakin optimal yang didukung dengan pola koordinasi yang lebih baik mulai dari kementerian, lembaga pemerintahan, dunia usaha, asosiasi pengusaha, perguruan tinggi, pemerintah daerah sampai kemunitas masyarakatnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper