Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA : Perum Pegadaian menggandeng enam perguruan tinggi (PT) untuk mencetak wirausahawan muda agar dapat merintis usaha baru dan mengembangkan bisnis potensial.

Wasis Djuhar, Direktur Pengembangan Usaha Perum Pegadaian mengatakan sebagai lembaga keuangan yang sangat erat dengan sektor usaha mikro dan kecil, pegadaian memiliki perhatian yang kuat dalam mendukung penumbuhan wirausaha baru khususnya dari kalangan generasi muda.

Untuk itu, pihaknya menggandeng perguruan tinggi untuk mendidik sejumlah mahasiswa agar bisa merintis usaha baru yang didukung dengan pemberian fasilitas permodalan sehingga pengusaha muda mendapat kesempatan yang luas untuk membangun bisnisnya.

Program pendidikan wirausaha bagi mahasiswa yang telah berjalan adalah dengan Institut Pertanian Bogor yang menjaring 100 calon wirausahawan diberikan pendidikan sekaligus pinjaman modal agar bisa merintis usaha baru, dan pihak universitas mengadakan pendampingan selama setahun, ujarnya, hari ini.

Menurut Wasis, program pendidikan wirausaha muda itu akan dikembangkan dengan perguruan tinggi lain yang bersedia mengadakan kerjasama a.l dengan Universitas Brawijaya Malang, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Pancasila serta UPN dan UII Yogyakarta.

Selain membidik perguruan tinggi, pihaknya juga memiliki perhatian terhadap para siswa lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) agar bisa mendapat peluang untuk mengembangkan usaha dari hasil pendidikannya yang telah didesain pada bidang keahlian tertentu.

Program ini murni bantuan untuk pelatihan entrepreneur bagi calon wirausahawan dan peningkatan capacity building yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dari setiap peserta. Proses seleksi ketat dan pendidikan dilakukan oleh para ahli di bidang entrepreneurship.

Dia menambahkan pendidikan tersebut setidak untuk menanamkan pola pikir (mind set)di kalangan generasi muda baik mahasiswa maupun siswa lulusan SMK agar lebih memprioritaskan pengembangan kewirausahaan setelah menyelesaikan pendidikan baik untuk diri sendiri, terlebih lagi untuk membantu penyerapan tenaga kerja. (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper