Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM

3/02

Oleh Fajar Sidik

JAKARTA : Kadin Indonesia akan menginventarisasi seluruh potensi bisnis kalangan usaha kecil menengah melaui seluruh perwakilannya di daerah guna mencetak pertumbuhan wirausaha baru yang berdaya saing global.

Ketua Umum Kadin Suryo B Sulisto mengatakan kalangan pengusaha memiliki komitmen kuat untuk menumbuhkan entrepreneurship dengan mengadakan pemberdayaan dan pelatihan usaha kecil menengah di daerah yang banyak sekali memiliki potensi bisnis untuk dikembangkan.

Untuk itu, katanya, Kadin akan mengotimalkan perwakilan di setiap provinsi untuk bisa meningkatkan pembinaan dan petihan kewirausahaan terutama di kalangan generasi muda dan UKM potensial agar bisa mengembangkan bisnisnya dengan lebih baik.

Kami akan mengoptimalkan seluruh kekuatan mulai dari perwakilan di daerah sampai akses kerjasama dan bantuan internasional guna meningkatkan kapasitas pelaku usaha kecil di daerah sehingga populasi wirausaha di Indonesia semakin besar, katanya kepada Bisnis.

Suryo memaparkan inevntarisasi potensi bisnis di daerah selama ini terus berjalan agar pertumbuhan usaha kelas menengah bisa meningkat semakin besar dan dapat mengembangkan bisnis yang tumbuh berkelanjutan.

Menurut dia, pengembangan potensi bisnis di kalangan UKM itu harus ditingkatkan di daerah agar pelaku usahanya bisa lebih aktif berpartisipasi dalam penumbuhan ekonomi dalam negeri dan turut menikmati berbagai peluang usaha.

Pengembangan UKM itu harus dilakukan menyeluruh mulai dari pelatihan dan pendampingan usaha sampai dengan penciptaan peluang bisnis salah satunya memfasilitasi pemasaran dengan mengoptimalkan jaringan bisnis di dalam negeri dan di luar negeri agar pelaku usaha bisa semakin cepat menangkap peluang bisnis tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper