Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM

23/01

Oleh Fajar Sidik

JAKARTA : Pengembangan usaha mikro kecil dan menengah harus didorong oleh perguruan tinggi (PT) dengan membentuk UKM center untuk meningkatkan program pemberdayaan dan pendampingan bagi pelaku usaha kecil di daerah.

Direktur UKM Center Universitas Indonesia Nining I. Soesilo mengatakan pembinaan usaha kecil harus ditopang oleh kalangan akademisi dengan membentuk UKM center di perguruan tinggi guna mendorong perekonomian di daerah tumbuh lebih baik.

Saat ini, katanya, UKM Center UI terus berupaya membantu sejumlah perguruan tinggi di daerah a.l Universitas Syiah Kuala, Aceh dan Universitas Cenderawasih, Jayapura untuk mengembangkan pusat pemberdayaan dan pembinaan UKM (UKM center).

Pembentukan UKM center di perguruan tinggi yang dikembangkan UI bisa menjadi percontohan bagi perguruan tinggi lainnya, dan kami siap membantu untuk mempersiapkan segala infrastruktur, kesiapan manajemen dan program kerja pemberdayaan dan pembinaan UKM yang tepat sesuai dengan kondisi daerahnya, katanya kepada Bisnis akhir pekan lalu.

Nining menjelaskan pengembangan UKM center tersebut dikembangkan secara mandiri tanpa menggantungkan subsidi dan fasilitas dari pihak perguruan tinggi, sehingga pengurus juga dituntut untuk mampu mengembangkan entrepreneurship untuk memenuhi kebutuhan pelaksanaan program.

Selain itu, katanya, UKM center juga harus bisa memfasilitasi kebutuhan permodalan bagi UKM dengan mendirikan koperasi atau lembaga keuangan mikro agar kegiatan pembinaan usaha kecil itu bisa dilakukan komprehensif dan berkesinambungan.

Kami telah memiliki 300 UKM binaan yang terus dibimbing dan diberikan fasilitas pinjaman modal untuk pengembangan usaha,karena usaha pemula itu masih sangat kesulitan untuk mengakses pinjaman dari perbankan, kata dia.

Nining menyampaikan pihaknya terbuka untuk membantu perguruan tinggi yang akan mengembangkan UKM center di daerah karena potensi pelaku usaha baru dan usaha mikro itu lebih banyak tersebar di daerah yang perekonomiannya mayoritas tengah berkembang.

Bahkan, lanjutnya, bagi perguruan tinggi yang akan mengembangkan lembaga keuangan mikro akan diajarkan juga pengelolaan bisnisnya, mulai dari penguatan sumber dana, pengelolaan dana sampai dengan penyaluran pinjamannya bagi nasabah UKM binaan.

Kalau UKM center ini bisa dikembangkan perguruan tinggi di setiap provinsi, diharapkan pelaku usaha kecil yang telah ada dan kemunculan wirausaha baru bisa tumbuh semakin cepat yang bisa memperkuat perekonomian masyarakat dan penyerapan tenaga kerja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper