Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UKM

16/01

Oleh Fajar Sidik

JAKARTA : Kementerian Koperasi dan UKM akan menyusun data based usaha kecil menengah yang telah melakukan ekspor dengan menggendeng sejumlah asosiasi pengusaha untuk mendukung upaya optimalisasi kinerja ekspor pengusaha kecil nasional.

Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kemenkop dan UKM Neddy R. Halim mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan program penyusun peta UKM produsen yang telah menembus pasar ekspor yang bekerjasama dengan sejumlah asosiasi.

Hal itu, guna mendukung upaya optimalisasi program peningkatan ekspor UKM nasional yang ditargetkan bisa menopang minimalnya 20% pada akhir tahun ini dari tahun lalu sebesar 17% terhadap ekspor nonmigas nasional.

Penyusunan data based UKM produsen ekspor ini sangat penting untuk mendorong peningkatan ekspor UKM pada tahun ini, sehingga harus melibatkan seluruh asosiasi pengusaha agar seluruh UKM yang memiliki potensi bisnis yang sangat baik bisa didorong untuk semakin ekspansif, katanya kepada Bisnis.

Neddy menyatakan saat ini diperlukan pembaruan (up date) data UKM ekspor yang lebih akurat agar program peningkatan usaha kecil bisa naik kelas dan ekspansi ke pasar luar negeri bisa semakin terukur dengan adanya basis data yang lebih baik.

Selama ini, katanya, memang masih belum bisa diketahui dipisahkanantara populasi pengusaha kecil dan usaha menengah termasuk usaha yang telah meningkatkan menjadi kelas korporasi dari data yang tercatat terdapat 4.000 lebih UKM produsen yang berskala ekspor.

Di samping data tersebut, lanjutnya, pihaknya juga perlu mendapatkan penguatan informasi data dari bebagai kalangan asosiasi pengusaha untuk bisa mendaftar anggota UKM produsen yang berskala ekspor termasuk usaha baru yang harus didata.

Kalau pembaruan data ini bisa dilakukan bersama-sama dengan kalangan pengusaha, tentunya akan dihasilakn data based UKM ekspor yang lebih lengkap dan dipastikan UKM ekspor itu jumlahnya lebih banyak dari data saat ini karena ada peningkatan kelas dan munculnya usaha baru, kata dia.

Neddy menambahkan di samping updating data based UKM ekspor, pihaknya juga terus meningkatkan pendampingan dan perluasan pemasaran bagi UKM eskpor daiantaranya dengan memfasilitasi UKM ekpsor untuk mempelajari langsung kondisi pasar ekspor di luar negeri seperti ke Mesir, Australia, China dan sejumlah negara lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper