Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ukm

16/01

Oleh Fajar Sidik

JAKARTA : Himpunan pengusaha Indonesia siap mencetak 2.000 pengusaha muda (baru) pada tahun ini untuk meningkatkan kewirausahaan tumbuh semakin cepat yang akan menopang pertumbuhan ekonomi yang berkualitas.

Ketua Umum Hipmi Erwin Aksa mengatakan setiap tahun Hipmi bisa mencetak sekitar 2.000 pengusaha baru yang terlihat dari tren pertumbuhan enggota yang mencapai angka tersebut.

Saat ini HIpmi punya 40.000 anggota pengusaha muda dan pada tahun ini ditargetkan akan bertambah 2.000 anggota dengan meningkatkan pelatihan dan pemberdayaan untuk menambah kalangan pengusaha baru dari kalangan pengusaha muda, katanya kepada BIsnis baru-baru ini.

Erwin menuturkan penumbuhan usaha muda baru yang dilakukan Hipmi lebih banyak terjadi di daerah seiring dengan meningkatnya kegiatan yang dilakukan anggota di tingkat kabupaten maupun provinsi.

Menurut dia, peningkatan usaha muda merupakan program prioritas yang dilakukan melalui program pemberdayaan guna meningkatkan kapabilitas dalam berbisnis maupun leadership sebagai modal utama dalam berwirausaha.

Selain itu, katanya, Hipmi terus memfasilitasi anggota untuk meningkatkan jaringan bisnis (networking) baik dengan pemerintah maupun pengusaha menengah besar termasuk membuka seluasnya pasar ekspor luar negeri.

Kami juga punya program rutin untuk melakukan studi ke luar negeri, pada tahun lalu ke Amerika dan untuk tahun ini mungkin akan ke Eropa. Jadi membangun jaringan baik lokal maupun internasional menjadi prioritas untuk meningkatkan jaringan bisnis dan pemasaran.

Erwin menuturkan dalam era perdagangan bebas seluruh anggota Hipmi di daerah harus lebih banyak meningkatkan kapasitas bisnis dan kewirausahaan serta jaringan agar bisa bersaing baik di pasar domestik yang telah dibanjiri produk China maupun untuk ekspansi ke luar negeri.

Bagi pengusaha muda di daerah, lanjutnya, harus diupayakan mendapatkan kesempatan berpartisipasi dalam pembangunan daerah dengan menjadi mitra pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan.

Kami berharap dengan jumlah anggota pengusaha muda yang semakin banyak dan peningkatan kapabilitas juga terus digenjot, Hipmi di seluruh daerah bisa meningkatkan peran dalam pengembangan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja di daerah yang semakin besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhamad Yamin
Editor : Mursito

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper