4 BUMN dukung reoperasionalisasi Kertas Kraft

JAKARTA: Empat BUMN menyatakan kesiapannya membantu operasionalisasi PT Kertas Kraft Aceh (KKA) dan akan menandatangani Letter of Intent Reoperasionalisasi sore ini.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 13 Desember 2010  |  08:21 WIB

JAKARTA: Empat BUMN menyatakan kesiapannya membantu operasionalisasi PT Kertas Kraft Aceh (KKA) dan akan menandatangani Letter of Intent Reoperasionalisasi sore ini.

Menteri BUMN Mustafa Abubakar mengatakan empat perusahaan BUMN itu adalah PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Semen Gresik Tbk, PT Perusahaan Pengelola Aset (PPA), dan Perum Perhutani.

KKA memang sudah lebih kongkrit sekarang dengan adanya rencana kerja sama untuk revitalisasi. Semua stakeholder sudah sepakat bersinergi membantu mengembalikan KKA agar dapat berproduksi kembali," ujarnya hari ini.

Dia mengatakan BUMN yang berkomitmen adalah pembeli produk KKA yaitu Semen Gresik, penyedia dana yaitu PPA, pemasok batu bara dari PTBA. Rencananya, lanjut dia, sore ini akan ada penandatanganan letter of intent reoperasionalisasi.

Namun, Mustafa mengaku belum mengetahui secara pasti berapa komitmen masing-masing perusahaan BUMN untuk membantu KKA. Belum disebut berapanya, tetapi kelihatannya akan dikonsolidasikan, ungkapnya.

Berdasarkan catatan Bisnis, Komite Revitalisasi BUMN telah memutuskan untuk menambah modal bagi KKA senilai Rp154,45 miliar untuk penyehatan perusahaan tersebut.

Mustafa juga mengatakan selain penambahan modal tersebut, pihaknya akan memberi bantuan sekitar Rp1,1 miliar per bulan selama 3 bulan hingga 6 bulan untuk tambahan biaya operasional.

Kementerian BUMN bersama PPA dan KKA sebelumnya juga telah menandatangani personal guarantee yang menyatakan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk revitalisasi.(mmh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Intan Permatasari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top