Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tol JORR Cikunir-Ulujami Besutan Grup Salim-Astra & ADHI Tak Kunjung Dibangun, Ini Sebabnya

Tol JORR Elevated Cikunir - Ulujami besutan Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, ADHI, dan PT Acset Indonesia Tbk. (ACST) tak kunjung konstruksi. Ini alasannya
Proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami / Dok. Kementerian PUPR
Proyek Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami / Dok. Kementerian PUPR

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap kabar terbaru proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) Elevated Cikunir - Ulujami besutan Konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI), dan PT Acset Indonesia Tbk. (ACST) yang tak kunjung konstruksi.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra menjelaskan bahwa saat ini proyek senilai Rp21,26 triliun tersebut tengah dalam progres pengkajian ulang.

“Sedang dikaji lagi terkait dengan rencana perubahan strukturnya karena ada usulan dari badan usahanya untuk berubah peletakan tiang pancangnya,” tuturnya saat ditemui di Kompleks DPR RI, Rabu (21/8/2024).

Rachman Arief menuturkan, pengkajian ulang itu dilakukan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang sempat terjadi pada konstruksi Tol Jakarta – Cikampek II Elevated, yakni Tol Mohammed bin Zayed (MBZ).

Namun demikian, Arief memastikan bahwa proses pengkajian ulang itu tak akan membuat nilai investasi Tol Cikunir – Ulujami membengkak.

“Itu kami kaji terus, pengalaman dari MBZ harus hati-hati. [Terkait nilai investasi] badan usaha mengatakan tidak akan mengubah nilai investasi, tapi kita harus pastikan,” pungkasnya.

Mengacu pada pengumuman, penetapan hasil pelelangan tertuang dalam surat No.64/BPJT/L/JECU/2023 Kementerian PUPR. Berdasarkan pengumuman tersebut, Kementerian PUPR menetapkan konsorsium PT Marga Metro Nusantara, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. (ADHI) dan PT Acset Indonesia Tbk. (ACST) sebagai pemenang tender Jalan Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami.

Adapun, penetapan pemenang tertuang dalam Surat Menteri PUPR No. PB 0201-Mn/1465 yang diterbitkan pada tanggal 12 Juli 2023. Asal tahu saja, PT Marga Metro Nusantara merupakan anak usaha PT Nusantara Infrastructure Tbk. (META), emiten perusahaan tol milik Grup Salim, sedangkan PT Acset Indonusa Tbk. (ACST) perusahaan konstruksi milik Grup Astra.

Lebih lanjut, lamanya masa konsesi diputuskan selama 45 tahun sejak ditetapkannya Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) pengerjaan jalan tol.

Tol JORR Elevated Cikunir-Ulujami merupakan bagian dari jaringan Tol Jabodetabek. Nantinya tol ini akan dibangun di atas Tol JORR existing.

Proyek ini terbentang sepanjang 21,50 kilometer dengan titik awal berlokasi di Jatiasih dan titik akhir berlokasi di Persimpangan Ulujami. Kecepatan rencana 80 km per jam dengan lebar lajur 3,5 meter.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper