Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kereta Otonom Bakal Jadi Feeder Peserta Upacara HUT ke-79 RI di IKN

Kemenhub mengoperasikan kereta otonom tahap awal sebagai kendaraan pengumpan atau feeder bagi peserta upacara HUT ke-79 RI, 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara.
Kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) melakukan uji coba menjelang beroperasi fungsional di Ibu Kota Nusantara (IKN)  pada 17 Agustus 2024 - BISNIS/Alifian Asmaaysi
Kereta otonom tanpa rel atau autonomous rail transit (ART) melakukan uji coba menjelang beroperasi fungsional di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada 17 Agustus 2024 - BISNIS/Alifian Asmaaysi

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan akan mengoperasikan kereta otonom atau Autonomous Rail Transit (ART) tahap awal sebagai kendaraan pengumpan atau feeder bagi peserta upacara HUT ke-79 RI, 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan saat ini, sudah terdapat satu rangkaian kereta atau trem otonom di IKN. Pada tahap awal, trem otonom tersebut akan berfungsi sebagai kendaraan pengumpan (feeder) bagi peserta upacara Hari Kemerdekaan RI, dengan kecepatan jelajah 40 km per jam di Jalan Sumbu Kebangsaan Barat dan Jalan Sumbu Kebangsaan Timur.

“Saya bersama tim dari CRRC China, melakukan uji coba ART pada hari ini dan dioperasikan dengan menggunakan marka. Kami sedang uji coba terus, agar pada tanggal 17 Agustus 2024 sudah dioperasikan dan dapat melayani dengan baik,” kata Budi dalam keterangan resmi, Minggu (11/8/2024). 

Budi juga telah melakukan uji coba kereta otonom di Ibu Kota Nusantara (IKN), Minggu (11/8/2024). Uji coba dilakukan untuk mempersiapkan pengoperasian kereta otonom tanpa rel pada HUT Kemerdekaan ke-79 RI, yang akan berlangsung pada 17 Agustus 2024 di IKN.

“Kemarin sudah ada gladi kotor. Saya lihat ART, menurut hemat saya tidak ada hal-hal khusus yang harus ditambahkan, jadi tinggal kita uji coba, memastikan listrik, lalu mengoperasikan,” katanya.

Pengoperasian kereta otonom menggunakan baterai yang disubstitusikan dengan marka jalan dan magnet. Hal tersebut diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dan pemakaian energi, sehingga sejalan dengan konsep dan prinsip IKN sebagai kawasan kota cerdas, hijau, serta berkelanjutan.

Budi mengatakan ART akan ada di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Kereta Otonom dari China ini menjadi feeder yang keliling jalan Sumbu Barat dan Sumbu Timur. Selain itu, bersama berbagai pihak yang bekerja sama, pihaknya juga siapkan kendaraan umum listrik. 

Secara bertahap, klaim Budi, pihaknya akan pastikan semua transportasi yang beroperasi di IKN ramah lingkungan. 

Diberitakan sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono memastikan kereta otonom atau autonomous rail transit (ART) di IKN Nusantara bakal mulai difungsionalkan pada 17 Agustus 2024. 

Basuki menuturkan, kereta otonom akan segera dioperasikan untuk melayani antar-jemput tamu dan masyarakat yang mengikuti perayaan HUT kemerdekaan di IKN. 

"Ada dua rangkaian kereta dan masing-masing rangkaian memiliki tiga gerbong. Satu gerbong dapat memuat 100 orang, jadi total kapasitas penumpangnya 300 orang,” jelas Basuki. 


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Artha Adventy
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper