Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Viral Istana Garuda IKN Dikritik Mirip Kelelawar, Menteri Basuki Respons Begini

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa Istana Garuda di IKN Nusantara memiliki sifat seperti patung Garuda Wisnu Kencana, Bali.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.
Suasana senja di Ibu Kota Negara di penghujung Juli 2024./Bisnis - Akbar.

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menanggapi kritik terkait dengan Istana Garuda yang disebut mirip kelelawar.

Basuki menegaskan bahwa tampilan Garuda pada Istana Kepresidenan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara nantinya akan seperti patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali. 

Hal tersebut disampaikan Basuki untuk menjawab kritik soal konstruksi Istana Garuda di IKN yang disebut mirip kelelawar karena berwarna hitam legam.

Basuki mengatakan bahwa berdasarkan penuturan desainer Istana Garuda Nyoman Nuarta nantinya bangunan istana presiden itu akan dilapisi cairan dan ketika terkena proses oksidasi akan berubah warnanya menjadi hijau.

“Kalau menurut, apa, [desainer] pak Nyoman Nuarta, itu kalau nanti kena oksidasi itu jadi hijau seperti GWK. Itu kan perunggu yang dikasih cairan. Nanti dia akan oksidasi menjadi hijau. Persis kayak di GWK,” tuturnya kepada wartawan di Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) pada Selasa (6/8/2024) sore.

Meski begitu, dia mengatakan bahwa proses oksidasi tersebut memang membutuhkan waktu lama.

“Kayak GWK itu berapa lama? Kan ini IKN untuk jangka panjang,” pungkas Basuki.

Diberitakan sebelumnya, Kementerian PUPR memastikan kesiapan Istana Presiden hingga Istana Garuda atau kantor Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjelang penyelenggaraan sidang kabinet pedana di IKN.

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H. Sumadilaga menyebut, distribusi air hingga listrik di Istana dan Kantor Presiden dipastikan aman.

“Ya, sudah kita siapkan keduanya Istana Presiden dan Istana Garuda, insyaallah siap [untuk pelaksanaan sidang kabinet],” tuturnya kepada Bisnis, Selasa (6/8/2024).

Dalam laporannya, sidang kabinet perdana di IKN itu bakal digelar pada pekan depan tepatnya pada 12 Agustus 2024. Pihak Istana sempat menyampaikan bahwa seluruh menteri kabinet Jokowi bakal menghadiri agenda tersebut.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper