Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ibu Kota Pindah ke IKN, Pengusaha Ritel Incar Eks-Gedung Kementerian di Jakarta

Pengusaha ritel mengincar eks-gedung kementerian di Jakarta yang akan dipindah ke IKN untuk menjadi lokasi ekspansi usaha.
Pengunjung memilih barang di salah satu outlet di pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta, Rabu (9/11.2022). Bisnis/Himawan L Nugraharn
Pengunjung memilih barang di salah satu outlet di pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta, Rabu (9/11.2022). Bisnis/Himawan L Nugraharn

Bisnis.com, JAKARTA - Himpunan Peritel & Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) menyatakan kesiapannya untuk mengisi gedung-gedung kementerian/lembaga di Jakarta yang akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Ketua Umum Hippindo Budihardjo Iduansjah menyampaikan, gedung-gedung tersebut nantinya akan dialihfungsikan sebagai restoran, supermarket, atau pusat-pusat kuliner.

“Kami juga siap untuk mengisi tempat-tempat kosong kalau nanti kementerian/lembaga akan pindah. Mungkin bisa tempatnya akan kita isi menjadi restoran, supermarket, atau pusat kuliner,” kata Budi dalam konferensi pers Jitex 2024, Rabu (17/7/2024).

Budi menyampaikan, rencana tersebut sudah dibahas di internal Hippindo. Bahkan, pihaknya telah membidik sejumlah lokasi yang dinilai strategis untuk mengembangkan bisnis ritel, salah satunya di dekat stasiun kereta api.

Kendati demikian, dia enggan untuk menjelaskan lebih jauh lokasi yang dimaksud. Dia menyebut, sejumlah lokasi yang dibidik tersebut masih dalam tahap penjajakan.

Di sisi lain, Budi mengaku bahwa Otorita IKN telah memanggil Hippindo untuk memberikan dukungannya terhadap IKN, utamanya di sektor hiburan.

Budi menyebut bahwa pihaknya masih akan menunggu pembangunan pusat perbelanjaan di IKN. Mengingat, Hippindo merupakan penyewa mall.

“Kalau sudah ada mallnya, pasti kita isi, pasti,” ujarnya.

Melansir laman resmi IKN, Rabu (17/7/2024), pembangunan IKN masih terus berprogres. Terbaru, groundbreaking atau peletakan batu pertama Tahap VI pembangunan IKN telah dilakukan pada Juni 2024.

Pada tahap ini, terdapat lima badan usaha sektor pendidikan dan riset serta tiga badan usaha sektor pendukung turut berpartisipasi, dengan total investasi yang terealisasi mencapai Rp1,75 triliun.

Pada sektor pendukung, telah dilakukan groundbreaking untuk Arena Lifestyle F&B dengan estimasi investasi Rp100 miliar di atas lahan seluas 0,84 hektare.

“Investasi di IKN terus berlanjut menuju visi bersama yang telah ditetapkan dengan program-program percepatan pembangunan IKN tetap terjamin. Groundbreaking Tahap VI ini menunjukkan kontinuitas investasi di IKN, dan minat investor tetap terus diproses hingga terealisasi menjadi pembangunan yang nyata,” kata Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono, dikutip Rabu (17/7/2024).


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ni Luh Anggela
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper