Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenhub Soroti Peran Penting KPLP Sepanjang 2023

Kemenhub menyebutkan sejumlah capaian dan peran penting Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) sepanjang 2023.
Ilustrasi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP)./ Dok. Kemenhub
Ilustrasi Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP)./ Dok. Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) soroti peran penting Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dalam menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran di Indonesia.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub Antoni Arif Priadi menjelaskan sejumlah capaian KPLP dalam peringatan HUT KPLP ke-51 dan Pangkalan PLP ke-36 di Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Rabu (28/2/2024).

“Dalam rangka menjaga keselamatan pelayaran, KPLP telah melakukan pengawasan intensif terhadap kapal asing maupun berbendera Indonesia sebelum beroperasi di perairan Indonesia,” katanya dalam siaran pers, Kamis (29/2/2024).

Dia menambahkan KPLP juga menjalin telah kerja sama bilateral, regional, dan multilateral dengan sejumlah negara serta organisasi internasional.

Antoni menurutkan KPLP berkomitmen untuk berperan aktif dalam melindungi lingkungan maritim. Hal ini telah diwujudkan bersama melalui kegiatan operasi rutin pemantauan pencemaran serta latihan bersama penanggulangan pencemaran khususnya penanganan tumpahan minyak melalui penyelenggaraan Marine Pollution Exercise (Marpolex) bekerja sama dengan Philippine Coast Guard dan Japan Coast Guard.

Menurutnya, latihan tersebut sangat penting untuk menjaga kesiapan armada dan personel KPLP khususnya dalam operasi penanggulangan tumpahan minyak secara cepat, tepat, dan terkoordinasi.

Dia mencontohkan keberhasilan KPLP pada 2023 yang telah melakukan evakuasi dan mencegah pencemaran terhadap kandasnya Kapal MT Young Yong di perairan Kepulauan Riau serta mendapat apresiasi dunia maritim internasional.

Sebagai informasi, dalam menjalankan tugas di lapangan, KPLP didukung oleh 264 Unit Pelaksana Teknis dan lima Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai dengan armada lebih dari 680 unit kapal patroli berikut personel yang mendapatkan pelatihan secara berkala sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Dia berpesan agar setiap insan KPLP dapat menjaga komitmen, selalu mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas, dan memberikan manfaat dalam mewujudkan keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim sebagai upaya mendorong Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper