Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Daftar Pajak dan Tarif yang Dipungut Pemprov DKI Jakarta per Januari 2024

Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menetapkan 10 jenis pajak daerah yang dipungut per 5 Januari 2024.
Ilustrasi pajak daerah./ Dok Freepik
Ilustrasi pajak daerah./ Dok Freepik

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta menetapkan 10 jenis pajak daerah yang dipungut oleh Pemprov dan berlaku per 5 Januari 2024.

Hal tersebut sehubungan dengan telah diundangkannya Undang-Undang (UU) No. 1/2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah (HKPD) serta Peraturan Pemerintah No. 35/2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

Sejalan dengan hal tersebut, pemprov juga telah merancang dan menerbitkan Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 1/2024 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD).

Kepala Badan Pendapatan Daerah Provinsi DKI Jakarta Lusiana Herawati berharap dengan adanya ketentuan ini dapat mengungkit penerimaan asli daerah (PAD).

“Dengan telah berlakunya Peraturan Daerah tersebut merupakan ketentuan utama dalam pemungutan dan pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah di wilayah Provinsi DKI Jakarta yang diharapkan dapat membawa dampak positif pada penerimaan PAD,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (24/1/2024).

Per 2023, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berhasil mengantongi pendapatan daerah senilai Rp71 triliun atau 100,53% dari target.

Total sementara pendapatan asli daerah (PAD) dari pos pajak daerah tercatat Rp43,5 triliun.

Sementara pendaptan asli daerah (PAD) lainnya berasal dari pos hasil pengelolaan kekayaan daerah mencapai Rp545,8 miliar. Dari pos lain-lain PAD yang sah senilai Rp4,6 triliun, sedangkan retribusi daerah mencapai Rp454 miliar.

Pemprov DKI Jakarta juga menerima transfer dari pemerintah pusat senilai Rp20,2 triliun. Penerimaan lainnya, berasal dari lain-lain PAD yang sah senilai Rp1,7 triliun. 

Daftar Pajak Daerah Pemprov DKI Jakarta: 

Jenis Pajak  Tarif 
Pajak Kendaraan Bermotor* 0,5%-6%
Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor* 12,5%
Pajak Alat Berat 0,2%
Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor 10%-50%
Pajak Rokok 10%
Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan mulai 0,5%
Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan  5%
Pajak Barang dan Jasa Tertentu (makanan dan/atau minuman, tenaga listrik, jasa perhotelan, jasa parkir, jasa kesenian dan hiburan) 10% (khusus diskotek, karaoke, kelab malam, bar, mandi uap/spa 40% dan listrik 1,5%-3%)
Pajak Reklame 25%
Pajak Air Tanah  20%

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper