Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkeu AS Janet Yellen Wanti-Wanti Dampak AI terhadap Stabilitas Keuangan

Menkeu AS Janet Yellen memandang kecerdasan buatan (AI) sebagai risiko yang membayangi stabilitas keuangan.
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Bloomberg.
Menteri Keuangan AS Janet Yellen/Bloomberg.

Bisnis.com, JAKARTA – Amerika Serikat (AS) memandang kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) sebagai risiko yang membayangi stabilitas keuangan dan berpotensi meningkatkan bahaya sistemik akibat teknologi yang berkembang tersebut.

Melansir Bloomberg, Jumat (15/12/2023), Menteri Keuangan AS Janet Yellen mengisyaratkan bahwa regulator AS akan menjadikan AI dan ancaman yang dapat ditimbulkannya sebagai prioritas utama pada tahun 2024.

Pada bulan Oktober, Presiden Joe Biden menandatangani perintah eksekutif untuk menetapkan standar perlindungan keamanan dan privasi untuk teknologi ini setelah Gedung Putih menganggap AI memerlukan regulasi yang mengaturnya.

Dalam pertemuan Dewan Pengawasan Stabilitas Keuangan (FSOC), yang juga dihadiri Gubernur Federal Reserve dan Komisi Sekuritas dan Bursa Efek, Yellen mengatakan bahwa kelompok ini akan fokus pada pemantauan teknologi yang berkembang dan risiko-risiko terkait. FSOC dibentuk setelah krisis keuangan 2008 untuk menangani risiko-risiko sistemik.

"Tahun ini, dewan secara khusus mengidentifikasi penggunaan kecerdasan buatan dalam layanan keuangan sebagai sebuah kerentanan dalam sistem keuangan," ujarnya menjelang rilis laporan tahunan FSOC.

Yellen melanjutkan, dukungan inovasi yang bertanggung jawab di bidang AI memberikan manfaat terhadap sistem keuangan, seperti peningkatan efisiensi. Namun ada prinsip-prinsip dan aturan yang ada untuk manajemen risiko yang harus diterapkan.

Perusahaan-perusahaan raksasa Wall Street merangkul kecerdasan buatan tahun ini dengan menambah staf data dan analis kuantitatif. Potensi dampak AI terhadap keuangan telah memicu peringatan dari regulator senior, termasuk Ketua SEC Gary Gensler dan Michael Barr dari The Fed.

Dalam laporan tahunannya, FSOC tersebut menguraikan sejumlah risiko yang dapat diperkenalkan atau diperkuat oleh AI di lembaga keuangan, termasuk kemampuannya untuk menerapkan bias diskriminatif dalam pemberian pinjaman, terutama untuk program AI yang beroperasi sebagai kotak hitam, sehingga hasilnya sulit untuk dijelaskan.

"Kekhawatiran khusus adalah kemungkinan bahwa sistem AI yang sulit dijelaskan dapat menghasilkan dan mungkin menutupi hasil yang bias atau tidak akurat, Hal ini dapat memengaruhi, tetapi tidak terbatas pada, pertimbangan perlindungan konsumen seperti pemberian pinjaman yang adil,” ungkap laporan tersebut.

Untuk semua perhatian baru terhadap AI, laporan tersebut tidak memberikan proposal peraturan yang spesifik, hanya memberikan arahan yang samar-samar kepada badan-badan anggota dan perusahaan-perusahaan keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper