Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemerintah Tebar Insentif, Terbang dari Kertajati ke Denpasar Hanya Rp800.000

Pemerintah memberi sejumlah insentif untuk mendorong masyarakat menggunakan Bandara Internasional Kertajati (KJT).
Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi beroperasi secara penuh pada Minggu (29/10/2023) - BISNIS/NI Luh Anggela
Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat resmi beroperasi secara penuh pada Minggu (29/10/2023) - BISNIS/NI Luh Anggela

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah memberi sejumlah insentif untuk mendorong masyarakat menggunakan Bandara Internasional Kertajati (KJT) pasca-pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara (BDO).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan, salah satu insentif yang diberikan pemerintah yaitu potongan harga untuk rute Kertajati-Bali mulai dari Rp800.000 untuk sekali jalan.

“Kebijakan telah diambil dan ada beberapa insentif misalnya ke Bali hanya Rp800.000 sementara dari Jakarta Rp1,4 juta [untuk sekali jalan]. Ini merupakan daya tarik Bandara Kertajati,” kata Sandi dalam konferensi pers mingguan, Senin (30/10/2023).

Meski telah menebar insentif untuk menarik masyarakat terbang dari Bandara Kertajati, Sandi belum bisa memastikan sampai kapan kebijakan tersebut akan berlaku. Dia mendorong masyarakat untuk segera memanfaatkan peluang tersebut.

“Pesan saya dapatkan segera, jangan ditunggu-tunggu. Cepat gunakan insentif yang diberikan untuk Bandara Kertajati,” imbaunya. 

Sementara itu, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi telah meminta semua penerbangan di Bandara Kertajati untuk memberikan tiket khusus guna menarik masyarakat bepergian melalui bandara pengganti Husein Sastranegara ini.

Bandara Kertajati resmi beroperasi secara penuh melayani penerbangan domestik dan internasional pada Minggu (30/10/2023), yang ditandai dengan pelepasan maskapai AirAsia rute Kertajati-Denpasar keberangkatan pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet rute Kertajati-Medan keberangkatan pukul 08.30 WIB oleh Budi Karya.

Sebagai informasi, terdapat tujuh rute yang dialihkan dari Bandara Husein ke Bandara Kertajati yaitu tujuan Balikpapan (BPN), Banjarmasin (BDJ), Batam (BTH), Denpasar (DPS), Makassar (UPG), Medan (KNO), serta Palembang (PLM). Ketujuh rute tersebut dilayani pesawat jet maskapai Citilink, AirAsia, serta Super Air Jet. 

Sementara itu, rute penerbangan berjadwal luar negeri tujuan Kuala Lumpur, Malaysia telah beroperasi sejak pertengahan Mei 2023. Selain itu, Kertajati juga turut melayani penerbangan umroh dan haji. 

“Saya minta kepada semua penerbangan, berikanlah tiket khusus. Karena kita ingin membuat satu keramaian, ada satu konsep, crowd create crown,” ujarnya kepada awak media di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (29/10/2023).

Adapun AirAsia menjadi salah satu maskapai yang menawarkan promo istimewa bagi masyarakat yang akan bepergian melalui Kertajati ke Denpasar. Promo yang ditawarkan yakni mulai dari Rp670.000 untuk sekali jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ni Luh Anggela
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper