Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Imbas Kebakatan TPA Rawa Kucing, 7 Penerbangan Dialihkan

Airnav melaporkan setidaknya terdapat tujuh penerbangan yang terdampak akibat kebakaran TPA Rawa Kucing.
Airnav melaporkan setidaknya terdapat tujuh penerbangan yang terdampak akibat kebakaran TPA Rawa Kucing. /AirNav
Airnav melaporkan setidaknya terdapat tujuh penerbangan yang terdampak akibat kebakaran TPA Rawa Kucing. /AirNav

Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Perum LPPNPI) atau Airnav melaporkan setidaknya terdapat tujuh penerbangan yang terdampak akibat kebakaran Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawa Kucing, Tangerang. 

Sekretaris Perusahaan Airnav Hermana Soegijantoro  menyampaikan kebakaran yang terletak 2,5 kilometer dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) tersebut menghasilkan asap tebal dan mempengaruhi jarak pandang dalam proses pendaratan penerbangan. 

Kebakaran yang dilaporkan terjadi pada 20 Oktober 2023 pukul 14.30 WIB tersebut mengganggu sejumlah penerbangan pada Sabtu (21/10/2023). 

Hermana menyampaikan, Airnav telah mengambil langkah-langkah mitigasi dengan menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor A3092-23, yang bertujuan memberikan pemberitahuan kepada seluruh penerbangan guna menjaga keselamatan, keamanan, keteraturan penerbangan, dan mengurangi potensi keterlambatan di bandara.

“Selain pemberitahuan tersebut, kami juga telah mengatur kedatangan dan keberangkatan penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta dengan mempertimbangkan arah asap, yang sangat tergantung pada kondisi angin,” katanya dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (22/10/2023). 

Lebih lanjut, Hermana menekankan pihaknya telah berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), stasiun meteorologi Bandara CGK, untuk memperbarui informasi mengenai prediksi arah angin dalam satu minggu ke depan.

Untuk menjaga keselamatan penerbangan sekaligus mendukung upaya penanggulangan kebakaran, Airnav bersama BNPB telah telah berkoordinasi mengenai skenario pengoperasian penerbangan heli water bombing. 

Daftar penerbangan terdampak kebakaran TPA Rawa Kucing

  • 1. Batik Air (BTK6345) rute YIA-CGK, dialihkan kembali ke YIA 
  • 2. Lion Air (LNI779) rute UPG-CGK, dialihkan ke YIA
  • 3. Batik Air (BTK6596) rute SUB-CGK, dialihkan ke YIA
  • 4. Nippon Airways (ANA855) rute Hanada-CGK, dialihkan ke Changi Airport Singapura
  • 5. Garuda Indonesia (GIA879) rutei Incheon-CGK, dialihkan ke Palembang
  • 6. Garuda Indonesia (GIA713) rute Sydney-CGK, dialihkan ke YIA
  • 7. Lion Air (LNI637) rute Bengkulu-CGK, dialihkan ke Palembang. 

Sebelumnya pun, Senior Manager Branch Communication & Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi menuturkan telah mengirim personel dan kendaraan fire pumper yang berasal dari Domestic Fire untuk membantu memadamkan api agar kepulan asap tidak mengganggu lajunya penerbangan. 

"Pemadaman api yang dilakukan oleh Tim Domestic Fire Bandara Soekarno-Hatta masih dalam ruang lingkup bandara," katanya, Sabtu (21/10/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Hafiyyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper