Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Top 5 News Bisnisindonesia.id: Oleh-oleh KTT BRICS hingga Mitigasi Klaim BPJS Kesehatan

Presiden Joko Widodo memulai rangkaian kunjungan ke sejumlah negara di Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan sejak Minggu (20/8/2023).
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melakukan sesi foto bersama saat MoU Aliansi Strategis dalam Proyek-Proyek Potensial di Upstream, Midstream, Downstream dan Geothermal yang diselenggarakan di Radisson Blu, Nairobi, Kenya pada Senin (21/8/2023).
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati melakukan sesi foto bersama saat MoU Aliansi Strategis dalam Proyek-Proyek Potensial di Upstream, Midstream, Downstream dan Geothermal yang diselenggarakan di Radisson Blu, Nairobi, Kenya pada Senin (21/8/2023).

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo memulai rangkaian kunjungan ke sejumlah negara di Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan sejak Minggu (20/8/2023). Presiden Ke-7 RI diyakini tak ingin pulang dengan tangan hampa.

Artikel berjudul Menebak Oleh-Oleh Jokowi dari KTT BRICS menjadi salah satu berita pilihan editor BisnisIndonesia.id, hari ini. Selain berita tersebut, sejumlah berita menarik lainnya turut tersaji dari meja redaksi BisnisIndonesia.id.

Berikut ini sorotan utama Bisnisindonesia.id, Selasa (22/8/2023):

1. Menebak Oleh-Oleh Jokowi dari KTT BRICS

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memulai rangkaian kunjungan ke sejumlah negara di kawasan Afrika, yakni ke Kenya, Tanzania, Mozambik, dan Afrika Selatan sejak Minggu (20/8/2023).

Sejumlah pengamat pun meyakini bahwa Presiden Ke-7 RI tak ingin pulang dengan tangan hampa dalam kunjungan perdananya ke kawasan Afrika. Tak hanya diyakini bertujuan untuk memperkokoh solidaritas di antara negara-negara selatan global, tetapi ada maksud sosial politik yang ingin ditunjukkan oleh Jokowi.

Apalagi, kunjungan Kepala Negara di kawasan Afrika nantinya akan diakhiri dengan mengunjungi Afrika Selatan untuk memenuhi undangan dalam menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) BRICS 2023.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago meyakini bahwa kunjungan kenegaraan ke Afrika Selatan perlu untuk dilakukan Presiden asal Surakarta itu. Mengingat, tak lama lagi masa kepemimpinannya akan usai dan dirinya perlu mewarisi diplomasi politik yang baik sebagai bekal pemimpin Negara selanjutnya.

2. Spirit Pertamina (PGEO) Berburu Panas Bumi Kenya untuk Negeri

Memiliki pengalaman selama puluhan tahun sebagai salah satu pengembang energi panas bumi terbesar di dunia, PT Pertamina Geothermal Energy Tbk. penuh percaya diri melebarkan portofolio bisnisnya di luar negeri.

Emiten grup Pertamina berkode saham PGEO itu mulai menyasar potensi energi baru terbarukan (EBT) di pasar global dengan menggandeng Africa Geothermal International Limited untuk mengembangkan energi panas bumi di Kenya.

Tak tanggung-tanggung, PGEO mengincar wilayah kerja panas bumi Longonot, Kenya yang memiliki potensi pengembangan hingga 500 megawatt (MW), dengan 140 MW di antaranya telah siap dieksploitasi.

Kerja sama tersebut dimulai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) oleh Board of Directors Africa Geothermal International Limited (AGIL) Fred N. Ojiambo dan Direktur Utama PGEO Julfi Hadi di Nairobi, Kenya.

3. Konsensus Analis Rekomendasikan Beli GOTO Kian Ramai

Jumlah konsesus analis Bloomberg yang merekomendasikan beli bagi saham PT Goto Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) alami peningkatan setelah laporan keuangan semester I/2023 terbit.

Sebagaimana diketahui, GOTO mampu menekan kerugian hingga 47,53 persen, dari Rp13,64 triliun di semester I/2022 menjadi Rp7,16 triliun di semester I/2023.  Seiring dengan penurunan kerugian ini, pendapatan GOTO juga ikut meningkat 102,5 persen menjadi Rp6,8 triliun, dari Rp3,33 triliun secara tahunan.

Sementara itu, secara kuartalan, GOTO mencetak pendapatan bruto senilai Rp5,8 triliun di kuartal II/2023, naik 5,9 persen dibandingkan kuartal II/2022. GOTO juga mencetak penurunan rugi bersih periode berjalan sebesar 56,1 persen menjadi Rp3,3 triliun di kuartal II/2023, dari Rp7,6 triliun di kuartal II/2022.

Sebagai informasi, kinerja GOTO mampu melampaui dugaan konsensus analis pada Terminal Bloomberg. Oleh sebab itu, jumlah konsesus yang merekomendasikan beli juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Pada Februari tahun ini, hanya ada 17 sekuritas yang merekomendasikan beli saham GOTO. Sementara, sekuritas yang merekomendasikan tahan ada 7 perusahaan dan 2 saja yang menyarankan jual.

Setelah laporan kinerja pertengahan tahun, jumlah sekuritas yang merekomendasikan beli menjadi 22 perusahaan dengan 9 sekuritas yang memilih tahan. Adapun sekuritas yang menyarankan jual tetap 2 perusahaan saja.

4. Di Balik Rencana MG Motor Bangun Perakitan di Indonesia

Morris Garages (MG), merek otomotif asal Inggris, mengumumkan rencana strategisnya untuk membuka pabrik di Indonesia pada kuartal pertama 2024. Salah satu bukti, pabrikan China agresif berekspansi ke luar negeri.

Marketing & PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin mengatakan MG melihat Indonesia sebagai pasar kunci di Asia Tenggara. Rencana pembukaan pabrik MG bertujuan untuk lebih mendekatkan MG dengan konsumen Indonesia melalui adaptasi lokal dan integrasi dengan rantai pasokan dalam negeri.

"Kami melihat Indonesia sebagai pasar yang potensial dan strategis. Keputusan ini merupakan bentuk dedikasi kami untuk terus berinvestasi dan tumbuh bersama masyarakat Indonesia," ujar Arief melalui siaran pers, dikutip Minggu (20/8/2023).

Dengan adanya pabrik lokal, MG juga berambisi untuk menciptakan lapangan pekerjaan dan membuka peluang kerja sama dengan vendor-vendor lokal sehingga turut serta dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

5. Jurus Mitigasi Kala Proyeksi Klaim BPJS Kesehatan Meningkat

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 memproyeksikan rasio klaim Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan  meningkat. Kondisi tersebut berpotensi memberi tekanan terhadap ketahan aset Dana Jaminan Sosial (DJS).

Ada peningkatan rasio klaim tersebut disebabkan adanya peningkatan utilisasi layanan kesehatan yang disertai penyesuaian tarif layanan kesehatan pada tahun 2023. Menanggapi hal itu, Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti membenarkanproyeksi rasio klaim yang akan meningkat. Meski, dia mengeklaim telah mengantisipasi untuk memitigasi tekanan terhadap ketahanan DJS Kesehatan.

Jika berkaca dari tahun lalu, BPJS Kesehatan mencatat peningkatan iuran yang terjadai DJS Kesehatan 2022. Berdasar laoran pengelolaan program tahun 2022 dan laporan keuangan tahun 2022 (audited) yang dipublikasikan di Harian Bisnis Indonesia edisi Selasa (27/6/2023), iuran DJS Kesehatan tumbuh 2,68 persen secara tahunan (year-on-year/yoy).

BPJS Kesehatan mencatat, Iuran di DJS Kesehatan meningkat dari Rp139,55 triliun pada 2021 menjadi Rp143,28 triliun pada 2022.Sementara itu, kontribusi pajak rokok menyusut hingga 80,94 persen secara tahunan dari Rp1,02 triliun menjadi Rp195,71 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper