Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Erick Thohir Angkat Komisaris Utama Angkasa Pura I Baru, Ini Sosoknya

Menteri BUMN Erick Thohir telah menunjuk komisaris utama PT Angkasa Pura I atau AP I yang baru menggantikan Djoko Sasono.
Kantor Pusat Angkasa Pura I/angkasapura1.co.id
Kantor Pusat Angkasa Pura I/angkasapura1.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney selaku pemegang saham perusahaan memutuskan untuk mengangkat Novie Riyanto sebagai Komisaris Utama PT Angkasa Pura I atau AP I.

Hal tersebut tertuang dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Direktur Utama Perusahaan Perseroan (Persero) PT Aviasi Pariwisata Indonesia Selaku Para Pemegang Saham PT Angkasa Pura I Nomor SK-227/MBU/08/2023 dan Nomor KEP.INJ.03.06/23/08/2023/A.0069 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-Anggota Dewan Komisaris PT Angkasa Pura I.

Novie menggantikan posisi Djoko Sasono yang diberhentikan dengan hormat melalui surat keputusan tersebut. Surat tersebut juga memberhentikan Tri Budi Satriyo yang menjabat sebagai Komisaris Independen AP I.

Adapun, Novie saat ini juga masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Kemenhub) setelah diangkat pada 2022 lalu. 

Vice President Corporate Secretary PT Angkasa Pura I Rahadian D. Yogisworo mengatakan, perusahaan optimistis Novie dapat membawa kontribusi positif terhadap perusahaan. Hal ini mengingat pengalaman dan keahlian Novie yang telah malang melintang di dunia penerbangan dan kebandarudaraan nasional.

"Mewakili manajemen, kami mengucapkan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Djoko Sasono dan Bapak Tri Budi Satriyo atas kontribusi dalam membina serta mengarahkan manajemen AP1 selama periode 5 tahun terakhir. Kami juga mengucapkan selamat dan menyambut dengan hangat Bapak Novie Riyanto sebagai Komisaris Utama perusahaan,” kata Rahadian dalam keterangan resminya, Rabu (9/8/2023).

Sebelum diangkat sebagai Komisaris Utama AP I, Novie juga telah banyak dipercaya untuk mengemban berbagai posisi penting dan strategis di bidang penerbangan nasional, di antaranya Direktur Navigasi Penerbangan Kementerian Perhubungan (2015-2016), Direktur Utama Perum LPPNPI atau AirNav Indonesia (2016-2020), Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (2020-2022), serta Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (2022-2023).

Adapun, susunan Dewan Komisaris Angkasa Pura I adalah sebagai berikut:

1. Komisaris Utama: Novie Riyanto

2. Komisaris Independen: Irfan Wahid

3. Komisaris Independen: Erwan Agus Purwanto

4. Komisaris: Danang Parikesit

5. Komisaris: Elen Setiadi

6. Komisaris: Hidayat Amir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper