Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Permudah Akses ke Bandara Kertajati, Pemerintah Siapkan Integrasi Antarmoda

Bandara Kertajati bersiap melayani penumpang udara sesuai rencana pemindahan operasional Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati pada Oktober 2023.
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. /Kemenhub

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah melalu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan penyiapan integrasi antarmoda di Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan bahwa program tersebut ditargetkan akan melayani penerbangan komersial reguler pada Oktober 2023 mendatang. Bandara Kertajati bersiap melayani penumpang udara sesuai rencana pemindahan operasional Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Kertajati pada Oktober 2023.

Seiring dengan hal tersebut, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat hingga saat ini telah berupaya memenuhi integrasi moda dari dan menuju Bandara Kertajati pada rute Kota Bandung dan Cirebon dengan angkutan bus maupun agen travel. 

“Penyiapan shelter angkutan darat memerlukan waktu sekitar 3 sampai 4 bulan," jelas Budi Karya melalui siaran pers, dikutip Senin (31/7/2023).

Lebih lanjut, dia mengimbau Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk membahas upaya integrasi dari Bandara Kertajati menuju kota dan provinsi lainnya maupun sebaliknya. 

Selain itu, Budi juga meminta Pemprov Jabar untuk tidak sembarangan memilih agen perjalanan dengan melakukan kurasi terhadap agen yang memiliki rekam jejak yang apik.

Menanggapi hal tersebut, Sekda Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja melaporkan bahwa pihaknya telah berkoordinasi dengan beberapa pihak penyedia jasa angkutan darat untuk memenuhi integrasi antarmoda menuju Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, maupun Jawa Tengah. 

Secara terperinci dijelaskan, berbagai upaya pengembangan Bandara Kertajati akhirnya menarik minat beberapa investor dari India dan Arab Saudi untuk mengembangkan Bandara Kertajati. 

Menhub menuturkan, berbagai pertemuan untuk membahas peluang investasi pengembangan Bandara Kertajati melalui skema public private partnership atau kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU) juga telah dilaksanakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper