Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Beberkan Jurus Capai Target 8,5 Juta Kunjungan Wisman

Menparekraf Sandiaga Uno optimistis mencapai target kunjungan 8,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini.
Turis asing/setkab.go.id
Turis asing/setkab.go.id

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno optimistis target kunjungan 8,5 juta wisatawan mancanegara (wisman) tahun ini akan tercapai.

"Di kuartal pertama kalau kita analyze kelihatannya kita bisa mencapai target batas atas, saya tetap optimis," ujar Sandiaga dalam The Weekly Brief dari akun Youtube Kemenparekraf, Senin (3/7/2023).

Sandiaga menegaskan bahwa konektivitas menjadi kunci mendongkrak jumlah kunjungan wisman. Karena itu, sejumlah layanan penerbangan internasional menuju Indonesia, kata dia terus ditambah.

Teranyar, rute penerbangan Port Moresby (Papua Nugini) - Bali mulai dioperasikan oleh maskapai Citilink. Selain itu, maskapai asal India yakni Vistara juga telah membuka rute penerbangan langsung Delhi - Jakarta, Delhi - Bali, Jakarta - Mumbai dan Mumbai - Bali. Adapun maskapai India lainnya yang menyediakan layanan penerbangan rute Delhi - Jakarta yakni IndiGo.

Menurut eks Wakil Gubernur DKI Jakarta itu, India menjadi salah satu pasar terbesar bagi Indonesia dalam peningkatan jumlah kunjungan wisman. Dia pun mengatakan sudah melakukan koordinasi dengan Menteri Perhubungan untuk menambah rute penerbangan internasional.

"Mudah-mudahan akan semakin banyak flight, terutama yang akan membawa wisatawan mancanegara," tutur Sandiaga.

Berdasarkan catatan Bisnis.com, Senin (3/7/2023), Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat secara kumulatif jumlah kunjungan wisman ke RI hingga Mei 2023 mencapai 4,12 juta kunjungan. Jumlah kunjungan wisman selama Januari-Mei 2023 tersebut naik 312,91 persen dibandingkan total kunjungan wisman pada periode yang sama pada 2022.

Kendati meskipun jumlah kunjungan wisman Januari - Mei 2023 tumbuh 69,94 persen dari total kunjungan wisman sepanjang 2022, BPS menyebut total kunjungan wisman hingga Mei 2023 masih lebih rendah bila dibandingkan periode sebelum pandemi Covid-19 tahun 2019 yang mencapai 6,28 juta kunjungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dwi Rachmawati
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper