Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Manfaatkan PNM Rp1,56 Triliun, Perumnas Bangun 2 Proyek Perumahan Milenial

Perum Perumnas memanfaatkan penyertaan modal negara (PMN) Rp1,56 triliun guna menuntaskan pembangunan dua proyek perumahan milenial.
Proyek apartemen Samesta Mahata besutan Perum Perumnas di Tanjung Barat, Jakarta - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.
Proyek apartemen Samesta Mahata besutan Perum Perumnas di Tanjung Barat, Jakarta - BISNIS/Afifah Rahmah Nurdifa.

Bisnis.com, JAKARTA - BUMN kontraktor perumahan, Perum Perumnas memanfaatkan penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp1,56 triliun pada tahun lalu guna menuntaskan pembangunan dua proyek perumahan milenial yang mengedepankan estetika dan kualitas hidup.

Direktur Utama Perumnas Budi Saddewa Soediro berupaya mempercepat penyerapan kepemilikan hunian pada beberapa wilayah dan mengatasi permasalahan backlog hunian di Indonesia dengan dukungan pemerintah melalui PMN pada kedua proyek tersebut.

“Adanya dukungan PMN sebesar Rp 1,56 Triliun dari pemerintah kepada Perumnas di akhir tahun lalu, memberikan dampak positif pada pembangunan proyek Samesta Parayasa dan Samesta Citra Surodinawan, serta proyek-proyek kami lainnya," urainya melalui siaran pers, Kamis (1/6/2023).

Besarnya segmen pasar generasi milenial di sektor properti saat ini, lanjutnya, menjadi daya tarik tersendiri, tak terkecuali Perum Perumnas sebagai sebagai satu-satunya BUMN pengembang perumahan bagi masyarakat menengah bawah. 

Berdasarkan data sensus penduduk 2020 dari Badan Pusat Statistik, populasi generasi milenial adalah terbanyak kedua di Indonesia setelah gen Z, sekitar 25,87 persen atas populasi Indonesia. 

Hal ini menandakan betapa tingginya peluang generasi milenial yang sedang pada usia produktif untuk menjadi potential buyer di sektor properti.

Menyadari potensi pasar dan preferensi hunian idaman milenial yang terus berkembang, Perumnas membangun hunian dengan desain modern di Parung Panjang, Bogor (Samesta Parayasa) dan Mojokerto, Jawa Timur (Samesta Citra Surodinawan). 

Dihadirkannya hunian yang memaksimalkan estetika dan fungsi ruang ini menjadi strategi Perumnas dengan wajah baru sekaligus peningkatan kenyamanan dan kualitas hunian masa kini.

“Pada cluster baru Samesta Parayasa dan Samesta Citra Surodinawan, kami menawarkan ragam fitur dan kemudahan yang cocok dengan milenial. Desain dan tata ruang hunian yang menggunakan warna-warna yang hangat, pencahayaan yang baik, dan pengaturan ruang yang fungsional seperti mezzanine dan taman indoor akan menciptakan suasana yang homey dan nyaman bagi penghuni," tuturnya. 

Tidak kalah menarik, pada hunian Samesta Parayasa juga akan terkoneksi langsung dengan Stasiun Baru Parayasa yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

“Samesta Parayasa akan menjadi salah satu hunian TOD [kawasan berorientasi transit]  modern berikutnya di wilayah Jabodetabek. Bersama PT KAI, Perumnas juga menyuguhkan Stasiun Baru Parayasa yang nantinya akan membantu mobilitas penghuni, meningkatkan aksesibilitas kawasan hunian dan menambah moda transportasi bagi masyarakat di sekitar Parung Panjang,” tutur Budi.

Hunian Samesta Parayasa berada di Barat Serpong pada kawasan seluas 200 hektare (ha) dan menyediakan 2.933 unit hunian yang terbagi ke dalam tujuh klaster. 

Dengan konsep baru, Samesta Parayasa menghadirkan Cluster Blue Bell dengan 3 tipe hunian (Calathea Sweet, Calathea Deluxe dan Calathea Premium) dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp400 jutaan.

Hunian Perumnas lain yang tampil dengan desain rumah baru, yaitu Samesta Citra Surodinawan di Mojokerto. Sama halnya dengan proyek Samesta Parayasa, hunian ini pun hadir dengan dua tipe yang mengedepankan kenyamanan dan kualitas dengan harga yang terjangkau mulai dari Rp380 jutaan.

Hadir diatas lahan sekitar 4 ha, meliputi kurang lebih 200 unit rumah, Samesta Citra Surodinawan pun berada di lokasi strategis yang terletak dekat dengan stasiun kereta api, rumah sakit, alun-alun kota, dan fasilitas umum lainnya.

Perumnas tidak hanya sekedar membangun rumah, tetapi juga menyediakan hunian pada lingkungan yang baik dan meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Proyek Samesta Citra Surodinawan menjadi satu tambahan portofolio produk Perumnas yang tidak hanya terfokus pada wilayah Jabodetabek, tetapi juga wilayah-wilayah lainnya di Indonesia.

“Kami berupaya mendengar permintaan pasar dengan menghadirkan suasana baru pada tampilan produk Perumnas sehingga hunian yang ditawarkan pun tidak hanya akan menjadi tempat tinggal yang nyaman, juga menjadi satu simpul baru kawasan yang serba terkoneksi dalam mendukung aktivitas," tambah Budi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper